Rekomendasi Kuliner di Lombok yang Harus Kamu Coba

kuliner di lombok

Bagi Kamu yang sedang berwisata di Lombok, pastinya tidak akan melupakan yang namanya makan. Makan saat berwisata tidak hanya makan sederhana tetapi juga harus berkesan sekaligus bisa berwisata kuliner di tempat baru, khususnya di Lombok.

Nah, dalam berkuliner, hal yang paling banyak dibingungkan adalah dimana tempat makan yang paling enak, paling baik pelayanannya serta memiliki menu yang komplit. Dengan masalah tersebut, apalagi Kamu yang perantau dan pertama kali datang ke Lombok, baca artikel ini sampai selesai ya.

Tips Memilih Kuliner Saat Wisata di Luar Kota

1. Mencari informasi melalui internet (Website, Google Maps, dan Instagram)

Hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah dengan riset terlebih dahulu secara online. Sekarang zaman sudah berkembang dan internet memberikan banyak manfaat bagi orang yang baru pertama kali berkunjung ke suatu daerah.

Riset ini bisa Kamu lakukan melalui website, Google Maps, bahkan sampai ke media sosial masing-masing restoran yang Kamu temukan. Nah, apa saja yang harus diperhatikan?

  • Rating, pastikan rating bagus dan minimal 4.5 keatas di Google Maps.
  • Ulasan, ulasan dalam maps baik-baik dan nyaman serta menjawab keraguanmu.
  • Cek aktivitas di Instagram. Biasanya yang aktif di Instagram juga bagus dalam mengelola sebuah restoran sebab sudah berani mempublikasikan kegiatan hariannya di Media Sosial.

Apabila sudah memenuhi syarat di atas, lanjut ke tips yang kedua, yaitu memilih tempat yang tepat.

2. Memilih Tempat yang Bersih

Memilih tempat yang tepat bisa Kamu lakukan setelah melihat dan meriset dari langkah pertama di atas. Pastinya akan banyak foto-foto yang dibagikan oleh pihak rumah makan sendiri ataupun foto yang dipublikasikan oleh pelanggan yang telah makan di rumah makan tersebut.


Dengan melihat ini, kita bisa tau nih, apakah restoran tersebut baik atau tidak untuk masalah kebersihan, sebab kebersihan menjadi hal penting dalam memilih makanan apalagi sedang wisata di Luar kota yang memerlukan tenaga yang kuat dan banyak energi.

3. Menu Makanan Beraneka Ragam

Melihat menu makanan yang ditawarkan masing-masing rumah makan. Pastikan memiliki banyak menu, supaya bisa memilih beberapa menu sekaligus saat kulineran dan juga bisa merasakan makanan baru juga.

4. Sesuaikan dengan Isi Kantong

Selain menu makanan, isi kantong (uang saku) juga harus dilihat. Pilihlah tempat makan yang sesuai dengan keuangan wisata kita. Jangan sampai uang kita malah habis untuk makan-makan padahal banyak sekali tempat wisata menarik yang ada di Lombok ini yang harus dicoba dinikmati.

5. Pilih tempat yang memiliki fasilitas lengkap

Pilih restoran yang memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari tempat parkir, tempat duduk yang banyak (tidak sempit), sistem antrian dan pembelian yang rapi, kamar mandi dan juga tempat ibadah. 

Mengapa? Kadang saat wisata, kita jarang sekali untuk mampir-mampir untuk sekedar ibadah ataupun buang air kecil. Lebih menghemat waktu lagi ketika kita bisa makan sekaligus bisa ibadah, bisa buang air kecil dan juga nyaman dalam makan sehingga tidak sia-sia berkulineran di tempat tersebut. 

6. Mencoba Kuliner Khas Daerah Wisata

Terakhir, cobalah makan-makanan khas daerah tempat wisata, khususnya Lombok. Nah, dengan menikmati kuliner khas, kita bisa hemat biaya untuk makan juga kan, hehe. Setiap daerah memiliki cita rasa yang khas serta olahan-olahan yang unik, wajib banget untuk dicoba ketika sedang wisata di luar kota, seperti Lombok ini.

Rekomendasi Kuliner di Lombok

Setelah membahas masalah tips memilih tempat makan yang tepat saat wisata, berikut 5 rekomendasi tempat kuliner di Lombok yang patut untuk dicoba.

1. Bebek Pondok Galih

Berdasarkan keterangan dari website resmi ini, restoran Bebek Pondok Galih merupakan restoran keluarga yang menyajikan menu utama berupa olahan bebek dengan cita rasa rempah khas nusantara yang dijamin lezat. Kami hadir dengan mengusung konsep taman yang sejuk dan nyaman. Kebersihan dan Kualitas Makanan adalah dua hal utama yang selalu menjadi perhatian kami demi kepuasan pelanggan.

a. Fasilitas restoran

Banyak fasilitas yang ditawarkan langsung oleh restoran ini, antara lain sebagai berikut.

  • Kawasan restoran dekat dengan sawah
  • Parkir luas
  • Terdapat fasilitas ibadah untuk muslim salat
  • Metode pembayaran sangat lengkap, Pembayaran Via Cash, Debit, dan QRIS.
  • Ramah terhadap Anak, banyak tempat untuk main
  • Suasana pedesaan yang sejuk dan enak untuk bercengkrama dengan sanak saudara sekaligus makan.

Untuk masalah fasilitas dijamin terbaik dan terlengkap. Untuk melihat kondisi masing-masing fasilitas dan fotonya bisa dilihat pada Fasilitas Restoran Bebek Pondok Galih.

b. Menu Makanan dan Minuman

Nah, tujuan utama tempat makan adalah makan kan. banyak pilihan yang ditawarkan oleh restoran bebek pondok Galih ini.

Menu Bebek dan Ikan

  • Bebek Utuh (goreng dan bakar)
  • Bebek Goreng
  • Bebek Bakar
  • Ikan Nila (goreng dan bakar)
  • Ikan Gurame (goreng dan bakar)

Menu Ayam

  • Ayam Utuh
  • Ayam Goreng
  • Ayam Bakar
  • Ayam  Geprek

Menu lainnya

  • Plecing kangkung
  • Cah kangkung
  • Sayur asem
  • Nasi uduk
  • Nasi putih
  • dan masih banyak lagi.

Menu Minuman 

Banyak aneka minuman yang ditawarkan dan bervariasi, antara lain teh, es jeruk, kopi, lemon tea, beras kencur, kunyit asam, jus buah lengkap, minuman kemasan dan lainnya.

Harga? Sangat murah dan ramah kantong, hanya berkisar 20-35 an ribu rupiah saja.

Catatan: Untuk mengetahui harga menu yang ada di Bebek Pondok Galih, silakan baca menu paling update beserta harganya pada Daftar menu dan Harga.

Informasi jam buka

Senin - Minggu 10.00 - 22.00. Menerima pesanan juga, bisa hubungi langsung 081212121333

2. Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Warung kuliner Nasi Balap Puyung Inaq Esun ini telah ada sejak tahun 1970-an dan menjadi populer di wilayah Puyung, Lombok Tengah sampai saat ini.

Mengapa hidangan di warung ini banyak digandrungi oleh banyak orang dan wisatawan? Sebab, nasi balap yang berisi nasi putih dihidangkan spesial dan unik dengan tambahan lauk seperti ayam suwir, tumis buncis, ayam kriuk, dan kedelai goreng. Hal yang unik adalah makanan ini disajikan dengan alas daun kelapa sehingga dapat merasakan makan yang khas di pulau lombok.

Masalah harga sangat ramah di kantong, yaitu mulai Rp20.000 sudah mendapatkan makanan khas Lombok yang legendari dan nikmat. 

Lokasi tempat makan di Jalan Raya Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Buka setiap hari pukul 08.00 – 22.00.

3. Sate Tanjung

Apa itu sate Tanjung khas Lombok? Sate ini berbahan dasar ikan memiliki rasa yang pedas dan gurih dan disajikan tanpa menggunakan saus apapun tidak seperti sate pada umumnya yang disajikan dengan saus kacang yang pedas.

Cita rasa ikan tanjung yang dijadikan bahan dasar untuk membuat sate, menjadikan makanan ini makanan yang digemari oleh masyarakat Lombok.

Harga sate ini dijual mulai Rp1.000,- per tusuknya. Untuk mendapatkan sate ini sangat mudah, yaitu dapat ditemukan di sepanjang jalan di Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Banyak sekali penjual sate tanjung di sini, silahkan untuk mencicipinya yaaa.

4. Rumah Makan Masteng

Warung ini menjual makanan yang khas dan paling juga tidak banyak dijual di wilayah lain di Indonesia, yaitu menjual masakan dengan menggunakan bahan dasar daging bagian iga dan tulang dari kuda.

Selain menjual masakan yang menggunakan iga sebagai sup, rumah makan ini juga menjual sate kuda. Nah, untuk masalah harga aman saja sebab hanya merogoh harga sebesar Rp25.000 sampai dengan Rp30.000,-

5. Warung Rembiga Utama

Di Lombok memang terkenal dengan hidangan satenya.  Warung Rembiga Utama menyediakan sate sapi yang bercita rasa manis, gurih dan pedas. 

Harga yang dikeluarkan untuk menikmatinya cukup murah, yaitu Rp 20.000 per porsi. Warung Rembiga Utama buka setiap hari pada pukul 09.00 - 23.00. 

Wah, banyak sekali kan rekomendasi makanan atau kuliner yang ada di wilayah Lombok ini. Selain banyak kuliner, juga banyak sekali tempat wisata yang ditawarkan di Lombok ini yang bahkan jarang sekali dikenali oleh banyak orang. Apa saja sih?

Baca selengkapnya mengenai 7 Destinasi Wisata di Sembalun Lombok, Rugi untuk Dilewatkan

Facebook
WhatsApp
Email