7 Wisata Lombok Timur yang Harus Dikunjungi

wisata lombok timur

Ketika ingin berlibur ke Lombok Timur, banyak orang yang mengalami kesulitan untuk menentukan tempat apa saja yang sebaiknya dikunjungi selama di Lombok timur. Untuk itu, kali ini Kita bahas mengenai rekomendasi wisata Lombok Timur untuk kalian semuanya.

Hal yang paling diingat oleh masyarakat pada umumnya kalau menyebut Lombok adalah dari Gunung Rinjani, padahal masih banyak lagi wisata Lombok Timur yang bisa dieksplorasi lebih. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan masing-masing tempat berikut ini.

7 Wisata Lombok Timur yang Harus Dikunjungi

1. Wisata Sembalun Lombok

Tempat wisata yang pertama dan direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Sembalun Lombok. Sebab, di Desa ini, Kita bisa menikmati banyak sekali keindahan alam yang ditawarkan, mulai dari keindahan alam melihat gunung Rinjani, keindahan alam berupa bukit bahkan ada Desa wisata yang sangat terkenal di Desa ini, yaitu Desa Baleq.

Nah, untuk wisata lombok khusus di Sembalun Lombok ini, Kamu bisa baca pada artikel khusus pada laman Wisata Sembalun Lombok.

Gambar Desa Baleq, Desa penuh dengan sejarah dan Keindahan Alamnya

Sumber: https://www.tripzilla.id/tempat-wisata-lombok-timur/23244

2. Pantai Tanjung Bloam

Rekomendasi wisata Lombok Timur yang selanjutnya adalah keindahan Pantai Tanjung Bloam. Pantai ini berlokasi di Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur dan untuk memasuki wilayah wisata ini tidak diperlukan biaya alias Gratis. Paling hanya membayar parkir saja.

Mengapa pantai ini harus banget untuk dikunjungi? Sebab, pantai ini memiliki daya tarik yang unik, yaitu lebih menonjolkan panorama batuan cadas yang sangat bagus dan menakjubkan. Bahkan ketika Kita foto, hasilnya seperti lukisan saja saking bagusnya.

Sumber: https://www.otojurnalisme.com/umum/pr-75594507/Bikers-Piknik-5-Tempat-Wisata-Yang-Eksotis-Di-Lombok-Timur

Nah, dapat dilihat sendiri bahwa batu cadas ini terdiri dari dua tempat yang bisa menyingkap senja sore menjadi sangat indah dan warna air laut menjadi kuning keemasan akibat membiaskan cahaya matahari sore.

Masalah trayek untuk bisa sampai ke Pantai Tanjung Bloam ini sangatlah mudah, yaitu hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 2.5 jam dari Kota Mataram. Jadi, bisa banget untuk kalian mengagendakan kedatangannya di wisata ini.

3. Air Terjun Mangku Sakti

Wisata air terjun, sangat cocok untuk kalian yang mencari kesegaran alam dan langsung bisa merasakannya sebab dengan mengunjungi wisata ini, Kita diajak untuk langsung mandi dan bisa merasakan gemericik air terjun yang dingin dan segar.

Lokasi Air terjun Mangku Sakti terletak di desa Sajang, Lombok Timur, daerah Sembalun, (pintu masuk gunung Rinjani). Nah, untuk kalian yang berencana ingin mendaki Gunung Rinjani, pastikan mampir sekalian ya. Lelahmu bisa diobat dengan menikmati air terjun ini.

Sumber: https://dynamic-media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-o/11/77/5d/76/air-terjun-mangku-sakti.jpg?w=1200&h=-1&s=1

Selain keindahan air terjunnya, Kita bisa menikmati keindahan keanekaragaman geologinya, yaitu jenis-jenis batu yang sangat banyak dan indah. Bisa kita manfaatkan menyusun karya seni juga dan diunggah di media sosial.

Wisata ini cocok untuk kamu yang mencari wisata di Lombok Timur dan suka dengan keindahan alamnya.

Source: https://www.ayobali.net/wp-content/uploads/2021/06/Air-Terjun-Mangku-Sakti-Lombok.jpg

4. Tebing Tanjung Ringgit

Sumber:https://highlight.id/pantai-tanjung-ringgit-lombok/ 

Loh mengapa tebing saja kok dikunjungi? Yaps, sebab tebing ini berbeda dari yang lain. Sebenarnya orang banyak mengenalnya sebagai Pantai Tanjung Ringgit. Namun, untuk menikmatinya harus berada di atas tebing, maka ada juga yang menyebutkan sebagai tebing dengan keindahan pantai.

Wisata Lombok Timur yang satu ini unik karena harus menikmati Indahnya pantai dari laut Hindia dari atas tebing, sehingga akan mendapatkan pemandangan yang utuh lautan yang berwarna biru ini.

Selain keindahan pantainya, ternyata tebing Tanjung Ringgit ini memiliki sejarah yang banyak yaitu menjadi salah satu spot pengintaian oleh tentara jepang. Ada beberapa bangunan selama pendudukan Jepang disini, seperti goa pengintai dan meriam.

Untuk bisa mendarat di lokasi ini, Kamu bisa mengikuti rute berikut ini.

  • Bandara Internasional Lombok – Kota Praya – Jerowaru –Desa Pamongkong – Tanjung Ringgit.
  •  Kota Mataram – Kota Praya – Jerowaru – Desa Pamongkong – Tanjung Ringgit.

5. Desa Wisata Tetebatu Selatan

Rekomendasi wisata Lombok Timur yang selanjutnya adalah Desa Wisata Tetebatu Selatan. Desa ini bahkan mendapatkan sebutan sebagai Ubud-nya Lombok. Desa ini berada di tenggara kaki Gunung Rinjani.

sc: https://jadesta.kemenparekraf.go.id/imgpost/50704.jpg 

Wisata ini menghadirkan suasana desa yang sering diimpi-impikan oleh kebanyakan orang bisa hidup tenang di pedesaan dan menikmati kenikmatan sawah-sawah yang eksotis tersusun rapi dan berundak.

sc: https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/punya-banyak-potensi-ini-5-kegiatan-seru-di-desa-wisata-tetebatu-ntb

Untuk sampai di lokasi ini, Desa ini berjarak sekitar 44,2 kilometer (km) dari Kota Mataram atau sekitar dua jam perjalanan jika menggunakan mobil.

Selain keindahan susunan sawah-sawah yang menarik, Desa Wisata ini sekarang sudah sangat berkembang pesat apalagi terkait dengan akomodasi dan homestay yang ada untuk wisatawan.

Selain itu, Desa wisata ini juga sudah banyak wisata-wisata lain yang muncul sehingga wisatawan yang datang bisa menikmati banyak kunjungan wisata, tidak hanya satu lokasi saja, misalnya seperti Kampung Inggris, Kampung Agrikultur, Kampung Adat Budaya, Kampung Buah dan Kampung Aren.

6. Taman Nasional Gunung Rinjani Alam Dewi Rinjani

Siapa sih yang tidak mengenal atau tau taman nasional Gunung Rinjani? Pastinya semua sudah tau kan. Banyak hal yang ditawarkan oleh Taman Nasional Gunung Rinjani ini.

Ketika Kita masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, maka kita akan melihat suatu daerah yang dikelilingi oleh hutan dan semak belukar sangat luas bahkan luasnya mencapai 76.000 hektar.

Selain ingin bisa sampai ke Puncak Gunung Rinjani, ada spot yang sangat digandrungi oleh wisatawan, yaitu Kawah Gunung Rinjani. Luas Kawah ini mencapai 10 km persegi dan kedalaman danau kawah ini mencapai 230 meter.

Sumber: https://indonesiakaya.com/wp-content/uploads/2020/10/Danau_Segara_Anak_dengan_view_Gunung_Baru.jpg 

Untuk masalah keindahan jangan ditanyakan lagi lah ya, sebab memang tidak ada duanya untuk keindahan alam dan bentang alam yang ada di Gunung Rinjani ini. Untuk bisa sampai di lokasi ini, ada banyak trayek kok. Salah satunya, Kamu bisa menempuh dengan beberapa cara berikut ini.

  • Damri & Angkot (Cara Hemat & Agak Lama);
  • Travel atau Sewa Mobil (Cara Nyaman & Cepat);
  • Sewa Sepeda Motor Lombok di Bandara (Cara Hemat & Cepat)

Bagaimana? Langsung tancap gas lah ya untuk bisa sampai ke Danau yang sangat indah ini.

7. Gili Sulat dan Lawang

Tidak seperti tempat wisata lainnya, tempat wisata Lombok Timur yang satu ini belum banyak dikenal orang dan jarang dikunjungi, padahal suasana alam dan keindahan lautnya sangat dahsyat dan menakjubkan.

Gili Sulat dan Lawang memiliki luas 5.807 hektar yang hampir semua wilayah daratannya ditutupi vegetasi mangrove. Jadi, ada hutan mangrove yang sangat luas disini dan memang dibudidayakan untuk keperluan konservasi serta menjaga alam.

Untuk keindahan bawah laut, terdapat banyak jenis ikan, jenis karang dan penyu yang hidup disini dan memang dijaga untuk dirawat dengan baik.

Kulineran di Lombok

Setelah seharian berlibur dengan mengunjungi banyak sekali tempat wisata alam, belum cukup rasanya kalau belum menikmati kuliner yang pastinya bisa dikenang dan memiliki jenis menu yang banyak di Lombok. Banyak loh, kuliner yang ada di Lombok. 

Bebek Pondok Galih menjadi salah satu kuliner lombok yang bisa kamu tuju untuk memuaskan kulineran di Lombok. Selain menawarkan kelezatan hidangan, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati suasana yang sejuk pinggir sawah serta mengedepankan suasana restoran keluarga

Langsung saja nikmati kuliner terbaik di Lombok hanya di restoran Bebek Pondok Galih, menyediakan aneka olahan bebek, ayam, ikan dan menu lainnya beserta dengan fasilitas yang sangat lengkap. Cocok untuk para wisatawan yang butuh tempat luas dan menikmati enaknya kulineran di lombok.

Artikel Terkait:

Rekomendasi Kuliner di Lombok yang Harus Kamu Coba

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok yang Sebaiknya Kamu Beli

7 Destinasi Wisata di Sembalun Lombok, Rugi untuk Dilewatkan

15 Rekomendasi Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Facebook
WhatsApp
Email