15 Tips Mengisi Waktu Luang Bersama Keluarga

tips mengisi waktu luang bersama keluarga

Kamu pasti membutuhkan tips mengisi waktu luang bersama keluarga setelah penat dengan kegiatan masing-masing. Berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu bersama menjadi momen yang sangat penting. 

Tips mengisi waktu luang bersama keluarga dibutuhkan untuk membuat keluarga Kamu lebih harmonis dan kompak. Ada beragam aktivitas yang bisa Kamu lakukan bersama keluarga untuk mengisi waktu luang dan menjadikan kebersamaan bersama keluarga menjadi semakin bermakna.

Nah, sebelum membahas mengenai tips mengisi waktu luang bersama keluarga, ternyata menghabiskan waktu bersama keluarga memiliki manfaat yang luar biasa.

Manfaat Menghabiskan Waktu Luang Bersama Keluarga

1. Membuat komunikasi terbuka antar anggota keluarga

Setiap harinya, anggota keluarga disibukkan dengan kegiatan masing-masing. Sehingga, perlu menetapkan waktu khusus untuk dihabiskan bersama keluarga. Tentunya, waktu khusus tersebut harus terhindar dari gangguan pekerjaan, telepon, atau pekerjaan rumah. Penting pula untuk menciptakan ruang untuk dialog terbuka dalam keluarga.

Mengulang waktu bersama keluarga dapat memecahkan masalah dengan memberikan kesempatan untuk berkomunikasi dan didengarkan. Hal ini akan meningkatkan hubungan emosional.

2. Meningkatkan Percaya Diri

Tak hanya memperkuat ikatan emosional, komunikasi antar anggota keluarga juga membantu meningkatkan rasa percaya diri pada anggota keluarga. Terlebih, bagi mereka yang kurang percaya diri.

3. Membangun Hubungan yang Positif

Setiap kali keluarga berkumpul, ada kesempatan untuk mengajar dan memberi contoh yang baik. Tentu hal ini akan membangun hubungan positif pada anggota keluarga.

4. Membantu Memenuhi Kebutuhan Emosional

Waktu luang yang dihabiskan bersama keluarga tanpa memikirkan kesibukan lainnya akan membuat kamu fokus pada kebutuhan emosional keluarga.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Waktu berkualitas antara orangtua dan anak berkorelasi pada peningkatan kesehatan mental dan lebih sedikit perilaku nakal di kalangan remaja.

6. Memperkuat aturan keluarga

Aturan keluarga memainkan peran besar dalam memastikan sebuah rumah tangga berjalan dengan baik.

Waktu berkumpul bersama keluarga dapat digunakan untuk menyampaikan pentingnya mendengarkan orang lain tanpa gangguan atau menekankan tentang pentingnya kontribusi setiap orang di dalam rumah.

15 Tips Mengisi Waktu Luang Bersama Keluarga

Melansir familiesforlife.sg, berikut ini tips mengisi waktu luang bersama keluarga yang bisa kamu lakukan:

1. Makan Malam

makan malam keluarga (1)

Luangkan waktu dari pekerjaan dan kesibukan lainnya, sehingga kamu bisa duduk untuk makan malam bersama keluarga.

Makan malam bersama keluarga memungkinkan kamu untuk menjadi bagian dari percakapan sehari-hari mereka dan menjawab pertanyaan apa pun yang terlewatkan ketika tidak saling bertemu karena kesibukan.

2. Makan Bersama Seminggu Sekali

venue bebek pondok galih lombok 25

Luangkan waktu untuk mengunjungi tempat makan atau restoran keluarga setiap minggu. Bisa juga hanya makan di rumah, bergantung pada selera masing-masing keluarga. Yang penting adalah meluangkan waktu bersama secara teratur.

Jika keluarga kamu menginginkan makan bersama di luar, salah satu rekomendasi restoran keluarga adalah Bebek Pondok Galih. Bebek Pondok Galih merupakan restoran keluarga dengan menu utama olahan bebek. Bebek Pondok Galih mempunya 4 cabang yang berlokasi di Yogyakarta dan Lombok.

Bebek Pondok Galih mengedepankan kenyamanan pengunjung dengan menyuguhkan fasilitas restoran yang sangat luas dan ramah anak. Akan lebih menyenangkan jika kamu mengunjungi Bebek Pondok Galih bersama keluarga di siang hari karena bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan Bebek Pondok Galih.

Fasilitas Bebek Pondok Galih adalah seperti restoran yang sejuk, suasana pinggir sawah, tempat yang ramah untuk anak-anak, hidangan lezat, restoran luas, bahan makanan fresh, parkir luas, serta ada musholla.

3. Memperbaiki Sesuatu Bersama

Mengecat dinding, memperbaiki wastafel di dapur adalah beberapa contoh pekerjaan rumah yang bisa dilakukan bersama keluarga.

Memperbaiki sesuatu bersama memungkinkan keluarga untuk merencanakan proyek dan juga memberi keluarga banyak waktu untuk berinteraksi.

4. Jalan-jalan

Kamu pun bisa mengisi waktu luang bersama keluarga dengan berjalan-jalanlah di sekitar lingkungan. Bicarakan tentang perubahan yang kamu lihat dan apa yang anak amati di sekitar mereka saat berjalan-jalan ini.

Berjalan-jalan sambil berbicara dengan anak-anak sebenarnya dapat memudahkan anak-anak untuk mengemukakan topik atau masalah sulit yang mereka hadapi.

5. Membaca Bersama

Membaca untuk anak-anak atau bahkan membaca buku bersama selama setengah jam setiap malam adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama.

Memilih buku untuk dibaca dan didiskusikan adalah cara untuk berbagi ide dan nilai dengan anak-anak.

6. Rencanakan Tamasya Bulanan

Pikirkan tempat baru untuk dikunjungi bersama keluarga setiap bulan.

Tempat itu bisa museum atau taman hiburan. Kamu bisa meminta anak-anak untuk membantu merencanakan perjalanan.

7. Bagikan Cerita Keluarga

Temukan waktu untuk berbagi cerita tentang sejarah keluarga.

Lihat album foto lama dan lihat bersama anak-anak. Tambahkan foto baru ke koleksi foto keluarga dan jadikan ini aktivitas rutin.

8. Berbicara dengan Anak

Ambil kesempatan untuk berbicara dengan anak saat bepergian bersama terutama saat berada di bus, kereta api atau di dalam mobil. Karena biasanya tidak banyak yang bisa dilakukan selain berbicara saat berada di dalam kendaraan. Jadi ambil kesempatan dan buat anak terbuka dan berbagi lebih banyak tentang kehidupan mereka.

9. Memasak Bersama Resep Favorit Keluarga

Berkumpul di dapur bisa sangat menyenangkan bagi orangtua dan anak-anak. Kamu bisa memasak bersama keluarga dan mendapatkan inspirasi untuk mengetahui apa yang membuat suatu hidangan istimewa bagi keluarga kamu. Jangan lupa untuk mengabadikan momen spesial tersebut dengan foto maupun video.

10. Habiskan Waktu Khusus Bersama

Entah itu berjalan-jalan di taman pada Sabtu pagi, atau menemani orang tua ke toko kelontong seminggu sekali, setiap upaya untuk memprioritaskan waktu keluarga sangat berarti. Ciptakan kesempatan untuk melakukan sesuatu secara eksklusif bersama-sama.

11. Pelajari Sesuatu yang Baru

mempelajari sesuatu yang baru (1)

Lakukan hobi atau aktivitas baru bersama. Kamu bisa mempelajari sesuatu yang baru bersama keluarga yang dapat membuka cara baru untuk berkomunikasi dan mengembalikan minat serta kehidupan ke dalam percakapan dalam keluarga.

12. Rayakan Tradisi Keluarga

Tradisi adalah apa yang membuat keluarga dan keluarga besar tetap terjalin erat. Anggota keluarga yang lebih tua biasanya memiliki pengetahuan paling banyak tentang bagaimana tradisi keluarga muncul dan makna di baliknya. Bagikan tradisi keluarga ini kepada generasi muda dan sisihkan waktu untuk mengikuti tradisi ini bersama-sama untuk menciptakan kenangan abadi.

13. Lakukan Hobi Baru

Menemukan waktu untuk melakukan hobi baru bersama berarti kamu akan belajar sesuatu bersama keluarga dan berinteraksi satu sama lain dengan cara baru. Temukan sesuatu yang disukai anggota keluarga dan sisihkan waktu setiap minggu untuk mengejarnya.

14. Melakukan Kegiatan Bersih-Bersih Bersama

Momen waktu luang bersama keluarga juga bisa digunakan untuk bersih-bersih bersama, sehingga lingkungan rumah tetap bersih dan keluarga tetap kompak.

15. Nonton Bersama

Jika keluargamu memiliki hobi nonton, kamu bisa nonton bersama di rumah dan saling diskusi mengenai film yang ditonton tersebut.

Facebook
WhatsApp
Email