Backpacker ke Mandalika, Ide dan Tips!

Backpacker ke Mandalika, Ide dan Tips!

Berencana ingin Backpacker ke Mandalika? Yuk, berangkat. Sebelum berangkat, mending Kamu siapkan dahulu tentang apa saja yang sebaiknya dipersiapkan sebelum backpacker-an ke Mandalika.

Pada artikel ini, Kita akan mengulas ide liburan ketika mau backpacker-an ke Mandalika beserta dengan bagaimana tips yang sebaiknya dilakukan supaya aman, semua perjalan bisa tercapai dan pastinya murah meriah.

Nah, sebenarnya banyak akun media sosial yang membahas lengkap mengenai tempat wisata dan juga informasi mengenai pariwisata, antara lain seperti akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Tiktok @pesonaindonesia, Twitter @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia

Disana banyak sekali rekomendasi yang membahas tentang kekayaan alam Mandalika dan juga tempat wisata yang lainnya yang ada di Indonesia.

Mengapa Memilih Liburan ke Lombok?

Alasan utama kenapa harus ke Lombok, yaitu Lombok memiliki pantai dan kekayaan wisata alam lainnya yang masih sangat alami dan cantik. Lombok merupakan salah satu surga pantai di Indonesia, bahkan dunia. Bahkan, sekarang ini mulai banyak dikunjungi wisatawan mancanegara karena sudah banyak yang bosan ke Bali dan mencoba untuk tempat-tempat baru di Indonesia, salah satunya ya Lombok ini.

Ide Liburan di Mandalika Ala Backpacker

Siapa yang masih bingung mau liburan kemana ala-ala backpacker? Jika masih bingung, baca rekomendasi liburan ini sampai selesai. Sebab, ada tips juga setelah membahas ide lebaran ini.

1. Trekking ke Bukit Selong

sumber gambar dari https://jadesta.kemenparekraf.go.id/

Salah satu wisata di Mandalika yang paling mudah untuk ditemui adalah Bukit Selong dan ini sudah banyak juga dikenali oleh orang. Jika kamu suka dengan alam yang di ketinggian, mungkin dengan trekking ke Bukit Selong menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Ketinggian Bukit Selong mencapai 1800 mdpl, mungkin ini terlalu tinggi bagi pemula tetapi tidak jadi masalah sebab sudah dibuatkan anak tangga yang mudah dan ringan untuk didaki. 

Selama perjalanan trekking, akan disajikan pemandangan yang menggugah mata untuk menikmatinya. Sesampainya di puncak, Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan luar biasa Gunung Rinjani, dan persawahan yang setia mengelilinginya.

2. Kesejukan Suasana Danau Biru

Danau ini dekat dengan Mandalika, yaitu berlokasi di Danau ini berada di Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah di bawah Kawasan Hutan Lindung Nuraksa. Untuk mencapai Danau ini tidaklah mudah, sebab jalan menuju danau ini belum diaspal.

Nah, mungkin kalau kamu ingin kesana dan menikmati suasana alam yang sejuk, usahakan untuk menyiapkan tenaga yang ekstra ya. Tapi jangan salah, jika sudah sampai di Danau Biru, rasa penasaran dan juga rasa lelahnya perjalanan bisa langsung hilang seketika dan malah takjub menikmati keindahan alam yang satu ini.

Ada pilihan juga dengan membawa motor trail, jadi sekalian juga eksplorasi jalananan dengan adrenalin yang tinggi.

3. Pantai Nambung

Pantai Nambung ini berlokasi di Pulau Lombok bagian selatan, Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Kadang, bagi sebagian orang memang naik gunung atau bukit bukan menjadi pilihan. Jadi, pantai ini menjadi alternatif pilihan yang patut dicoba untuk Kamu yang suka dengan air laut, keindahan matahari terbenam dan menikmati ombak lautan.

Keunikan pantai ini adalah memiliki air terjun yang berlokasi di tengah pantainya yang bernama Air Terjun Asin. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ombak besar yang ada di pantai ini. Karena dari laut selatan, maka ombak lautan sangatlah besar.

Ada hal yang menarik ketika sedang surut, yaitu akan muncul karang-karang indah yang bisa dijadikan sebagai spot foto yang instagramable.

4. Menenun Kain Songket

Sudah selesai menikmati alam bukit dan pantai? Waktunya sekarang wisata sosial yaitu datang ke tempat-tempat pengrajin songket asli Mandalika.

Salah satu kain songket terbaik di Indonesia adalah berasal dari Lombok, yaitu Mandalika. Kain songket khas ini bahkan dapat dijumpai di Desa Wisata Sukarara. Disini, menenun kain songket sudah menjadi tradisi yang dipelajari sejak kecil di desa ini sehingga tidak salah bahwa hasil songket dari Mandalika ini menjadi banyak incaran para pelancong.

Tidak salah jika Kamu datang kesana untuk menikmati kearifan lokal masyarakat serta bisa langsung mencoba untuk menenun kain songket langsung dari ahlinya. 

Tips Backpacker ke Mandalika

Bagaimana? Sudah punya bayangan kan mau liburan kemana saja? Setelah memiliki bayangan liburan kemana saja saat di Mandalika, saat kita membahas tips ketika ingin backpacker-an ke Mandalika.

1. Menentukan Tempat Liburan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan list atau daftar tempat liburan. Sudah ada beberapa tempat yang direkomendasikan di atas, makanya lebih baik menentukan mana saja yang ingin dikunjungi.

Pastikan juga, lokasi yang akan dikunjungi satu dengan yang lainnya dekat dengan yang lain supaya mudah dijangkau.

2. Pilih Waktu Keberangkatan

Setelah menentukan tempat liburan, langkah kedua adalah menentukan waktu keberangkatan saat liburan ke Mandalika dengan benar. Pastikan jika ingin kesana, Kamu memilih untuk waktu-waktu yang low season atau tidak musim liburan.

Tujuannya supaya di perjalanan mudah dijangkau dan juga tidak padat akan wisatawan lainnya. Selain karena sepi, Kamu juga bisa menikmati liburan dan tempat wisata lebih nyaman, lama dan juga memang mendalami tempat wisata yang dikunjungi sehingga bisa memiliki kesan yang berbeda dan unik.

3. Atur Jatah Uang

ketika kamu berniat backpacker ke Mandalika, pengeluaran terbesarnya pasti masalah transportasi, akomodasi, dan konsumsi. Artinya, manajemen ketiganya menjadi sangat krusial supaya pengeluaran sesuai dengan bayangan awal dan juga bisa sesuai dengan yang direncanakan. Setelah ketiga hal tersebut aman, kamu bisa siapkan juga dana jaga-jaga yang jumlahnya bisa diperkirakan ketika memang hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Tujuannya, supaya setelah pulang dari liburan masalah uang bukan jadi masalah. Jangan sampai malah mikir setelah liburan, padahal tujuan liburan untuk menyegarkan pikiran.

4. Pilih Transportasi yang Tepat

Pilih rencana transportasi yang akan dipakai. Ada dua hal yang perlu Kamu pikirkan, nih. Pertama, transportasi menuju ke Mandalika dan kedua kendaraan yang akan digunakan saat di Mandalika.

Untuk transportasi menuju Mandalika, Kamu bisa gunakan pesawat atau jalur darat. Biasanya untuk pesawat banyak promo-promo juga, yang penting mau usaha untuk mencarinya ya.

Sedangkan saat di lokasi, kamu bisa menyewa kendaraan mobil atau sepeda motor sesuai dengan rencana liburan dan rencana keuangan yang telah disusun. Pilih mana yang paling sesuai dengan kondisimu.

Itulah beberapa ide yang bisa Kamu manfaatkan untuk rencana backpacker ke Mandalika dan beberapa tips yang bisa kamu coba ketika memutuskan untuk backpacker-an di Lombok.

5. Penginapan

Terakhir, pikirkan mengenai penginapan. Pastikan kamu memilih penginapan yang sesuai dengan kantong Kamu ya. Banyak sekali penginapan mulai dari hotel-hotel sampai homestay yang disediakan oleh pemerintah atau swasta yang ada di Mandalika.

Riset-riset tempat penginapan yang bagus, fasilitas lengkap dan juga memiliki harga yang miring.

Menikmati Kelezatan Olahan Bebek di Tempat Makan Dekat Sirkuit Mandalika

restoran keluarga bebek pondok galih

Kamu bisa mengunjungi Bebek Pondok Galih sebagai salah satu tujuan tempat makan dekat sirkuit mandalika. Bebek Pondok Galih merupakan restoran keluarga dengan menu utama olahan bebek. Tapi, kamu juga masih bisa merasakan kelezatan menu lainnya seperti ayam, ikan, sayuran, dan masih banyak lagi. 

Sambil menyantap menu Bebek Pondok Galih yang khas akan rempahnya, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati sejuknya angin sepoi-sepoi. Restoran Bebek Pondok Galih terletak persis di sebelah hamparan sawah hijau. Jadi, kamu bisa makan sambil menikmati suasana yang menyenangkan.

Lokasi Bebek Pondok Galih tidak jauh dari Sirkuit Mandalika. Kamu bisa mengunjungi Restoran Bebek Pondok Galih yang mempunyai dua cabang di Lombok, yaitu cabang Jempong dan Rembiga. 

Kami tunggu kedatanganmu, ya!

Artikel Terkait:

Rekomendasi Kuliner di Lombok yang Harus Kamu Coba

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok yang Sebaiknya Kamu Beli

7 Destinasi Wisata di Sembalun Lombok, Rugi untuk Dilewatkan

15 Rekomendasi Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Facebook
WhatsApp
Email