Ide Tempat Wisata sekitar Mandalika

Ide Tempat Wisata sekitar Mandalika

Sejak Presiden Joko Widodo telah meresmikan Sirkuit Mandalika ini pada 12 November 2021, Mandalika menjadi sorotan media nasional dan internasional bahkan banyak tempat wisata yang juga mulai dikenal di mancanegara sehingga bisa menjadi alternatif pilihan selain Bali.

Namun, jika ke Mandalika pertama kali, pasti bingung ingin liburan kemana saja kan? Nah, oleh karena itu, Kali ini kita akan membahas tuntas mengenai ide tempat wisata sekitar Mandalika yang sebaiknya dikunjungi. Selain dekat juga pastinya murah dan indah.

Tanpa basa-basi, yuk simak langsung rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Mandalika, Lombok

Berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata yang bisa dinikmati dan dikunjungi.

1. Bukit Seger

Paling dekat dengan Sirkuit Mandalika, yaitu Bukit Seger. Bukit ini menjadi sorotan banyak orang Indonesia di jagad media sosial khususnya twitter sebab saat itu Marquez mengambil foto selfi disini sehingga terkenal. Selain itu, di bukit ini orang bisa melihat perlombaan GP hanya dengan mendaki bukit ini. Tidak begitu dekat tetapi memiliki pemandangan yang lumayan indah.

Ada beberapa fakta mengenai bukit seger ini, antara lain sebagai berikut.

a. Tempat untuk Menikmati Sunset

Wisatawan yang ingin menikmati panorama sunset (matahari terbenam) dari ketinggian di Bukit Seger bisa datang menjelang sore. Namun, yang perlu diperhatikan adalah banyak sekali wisatawan yang berkunjung pada hari sabtu-minggu.

Jadi, jika ingin menikmati sunset dengan bebas, maka sebaiknya menghindari hari sabtu dan minggu ya.

b. Tempat lihat tikungan Sirkuit Mandalika

Nah, ini yang membuat viral sebab para penonton lokal yang ingin menonton motoGP dengan naik Bukit Seger, maka akan mendapatkan posisi yang tepat.

c. Spot Foto

Jangan diragukan lagi masalah spot foto, sebab sudah banyak banget rekomendasi spot foto di Bukit Seger ini. Bahkan sudah terbukti bahwa Marc Marquez saja berfoto berlatar belakang Bukit Seger ini.

2. Pantai Seger

sumber gambar dari travelingyuk.com

Selain bukit, ternyata memang keindahan Mandalika tidak ada habisnya, yaitu pantainya. Panti yang paling dekat dengan sirkuit Mandalika adalah pantai Seger.

Pantai ini sudah sangat terkenal dan melegenda di Lombok Tengah karena memang menjadi pilihan para wisatawan untuk datang. Lokasi pantai ini tepatnya ada di wilayah Desa Sukadane, Kecamatan Pujut.

Selain keindahan pantai yang tidak diragukan lagi, ternyata Pantai Seger memiliki sejarah yang unik dan sampai sekarang ada kegiatan yang terus dilestarikan oleh masyarakat sekitar. 

Masyarakat Sasak yakin bahwa Pantai Seger merupakan lokasi Putri Mandalika menenggelamkan diri karena dijadikan rebutan oleh 3 laki-laki yang mengejarnya sehingga terdapat banyak patung di pesisir utara pantai seger ini.

Nah, untuk mengingat sejarah tersebut maka muncul festival Bau Nyale, yaitu kegiatan berburu cacing laut yang berwarna-warni di pantai ini. Mereka mempercayai bahwa cacing laut ini merupakan jelmaan dari Putri Mandalika.

3. Pantai Kuta Mandalika

Sumber gambar dari travelspromo.com

Pilihan pantai yang kedua adalah pantai Kuta Mandalika. Lokasi pantai ini terletak di Desa Kuta, Pujur, Lombok Tengah, apabila ditempuh menggunakan mobil maka memerlukan waktu 15 menit dari sirkuit Mandalika sehingga pantai kuta Mandalika menjadi salah satu ide tempat wisata sekitar Mandalika yang mudah dijangkau.

Pantai ini terkenal karena warna air lautnya yang sangat biru ketika diabadikan dalam bentuk foto serta memiliki pasir pantai yang putih bersih.

Disini hanya menikmati pantai saja? 

Santai, tidak hanya menyaksikan keindahan pantai, disini juga tersedia beberapa wahana yang bisa disewa, antara lain windsurfing, banana boat, dan paralayang.

4. Bukit Merese

Sumber gambar dari Lombok Fast Boats

Saking banyaknya kekayaan alam pantai dan Bukit yang Indah di Lombok ini, maka rekomendasi berikutnya tetaplah bukit, yaitu Bukit Merese. 

Apa yang Dinikmati dari Bukit Merese?

Ada beberapa hal yang menarik di Bukit ini. Pertama, kita bisa menyaksikan rerumputan yang hijau yang membentang luas dan tidak ada habisnya jika menjelajahinya. Kedua, ada banyak sekali hewan-hewan yang berkeliaran dan mencari makan di lokasi ini.

Jadi, untuk Kamu yang sudah penat dengan suasana padat perkotaan di ibukota dan ingin refreshing, maka Bukit Merese di Lombok ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Selain itu, dari atas bukit, Kita juga bisa menikmati keindahan pantai dari kejauhan. Lengkap sekali, bukan?

Rekomendasi Aktivitas Menikmati Keindahan

Beberapa hal selain 2 hal di atas, Kamu bisa menikmati keindahan berikut jika tepat mendapatkan momentumnya.

  • Menikmati sunset dan sunrise
  • Menyaksikan keindahan Tanjung Aan dan Batu Payung
  • Ambil kenangan dengan berfoto
  • Bermain dengan sapi atau kerbau
  • Mengadakan camping sederhana

5. Pantai Tanjung Aan

Dari atas kita sudah menikmati Bukit Merese dan sekarang Kita turun untuk menikmati pantai yang ada, yaitu Pantai Tanjung Aan.

Lokasi pantai ini tidaklah jauh dari sirkuit Mandalika, yaitu hanya sekitar 10-15 menit menggunakan kendaran bermotor (mobil atau sepeda motor). Sama seperti di Pantai Kuta Mandalika, disini juga banyak sekali wahana atau hiburan yang bisa dinikmati selain pemandangan pantainya, antara lain snorkeling, berenang, juga berburu kuliner laut yang lezat di sekitar pantai.

Untuk bisa menikmati Pantai Tanjung Aan, wisatawan hanya perlu membayar parkir saja, untuk moto Rp5.000 dan Mobil Rp10.000,-. Sangat murah sekali kan.

6. Pantai Sari Goang

Ide Tempat Wisata sekitar Mandalika

Sumber Gambar: TripAdvisor

Rekomendasi ide tempat wisata sekitar Mandalika yang selanjutnya adalah Pantai Sari Goa, yang lokasinya berada di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak, Desa Mertak, Lombok Tengah.

Untuk sampai di Pantai ini hanya perlu menempuh perjalanan 30 menitan menggunakan mobil atau motor. Tetapi, jika sudah jauh-jauh ke Mandalika tidak sampai datang kesini saat sunrise sangat rugi banget sih.

Bahkan, pantai ini dijuluki sebagai Raja Ampat-nya Lombok karena bisa menawarkan pemandangan yang  asri dan alami dan sekarang ini masih jarang sekali wisatawan kesini. Jadi, bisa penuh dalam menikmati keindahan alam di Pantai Sari Goang ini.

Jika kamu ingin berkunjung kesini, pastikan kamu bisa mendapatkan sunrise pagi sebab keindahannya sungguh luar biasa.  Biaya tiket masuk hanya sebesar Rp15.000 per orang.

7. Desa Adat Sade

Sudah bosan dengan rekomendasi pantai dan bukit yang sangat banyak di sekitar Mandalika? Nah, waktunya kita eksplor lebih jauh tentang keindahan budaya dan sosialnya ya. Salah satu yang jadi rekomendasi di Mandalika adalah Desa Adat Sade.

Ada apa di Desa Adat Sade?

Sebab, desa ini menjadi salah satu desa yang masih sangat menjunjung tinggi adat dan budaya nenek leluhurnya serta menjadi tempat tinggal bagi orang-orang asli Sasak Sade sampai saat ini.

Ide Tempat Wisata sekitar Mandalika

Sumber gambar dari wego.com

Disini Kamu bisa melihat betapa indahnya rumah-rumah adat asli Sade yang sampai sekarang masih menjadi rumah mereka sehari-hari dan bagus untuk berfoto-foto sekaligus menelusuri seluk beluk desa.

Nah, itulah ketujuh rekomendasi tempat wisata sekitar Mandalika yang bisa dijadikan ide dalam menyusun rencana wisata selama disana. Nah, jika memiliki banyak waktu lagi, Kamu juga bisa memanfaatkan ini untuk menjelajah banyak lagi tempat indah selain yang ada dalam rekomendasi di atas.

Selain liburan, kita juga bisa sebagai agen untuk mengenalkan destinasi lokal yang belum dikenal masyarakat umum.

Menikmati Kelezatan Olahan Bebek di Tempat Makan Dekat Sirkuit Mandalika

restoran keluarga bebek pondok galih

Kamu bisa mengunjungi Bebek Pondok Galih sebagai salah satu tujuan tempat makan dekat sirkuit mandalika. Bebek Pondok Galih merupakan restoran keluarga dengan menu utama olahan bebek. Tapi, kamu juga masih bisa merasakan kelezatan menu lainnya seperti ayam, ikan, sayuran, dan masih banyak lagi. 

Sambil menyantap menu Bebek Pondok Galih yang khas akan rempahnya, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati sejuknya angin sepoi-sepoi. Restoran Bebek Pondok Galih terletak persis di sebelah hamparan sawah hijau. Jadi, kamu bisa makan sambil menikmati suasana yang menyenangkan.

Lokasi Bebek Pondok Galih tidak jauh dari Sirkuit Mandalika. Kamu bisa mengunjungi Restoran Bebek Pondok Galih yang mempunyai dua cabang di Lombok, yaitu cabang Jempong dan Rembiga. 

Kami tunggu kedatanganmu, ya!

Artikel Terkait:

Rekomendasi Kuliner di Lombok yang Harus Kamu Coba

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok yang Sebaiknya Kamu Beli

7 Destinasi Wisata di Sembalun Lombok, Rugi untuk Dilewatkan

15 Rekomendasi Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Facebook
WhatsApp
Email