7 Tips Liburan ke Lombok Aman dan Murah

7 Tips Liburan ke Lombok Aman dan Murah

Siapa yang ingin liburan ke tempat seperti Bali tetapi sudah bosan di Bali? Jika, itu kamu, maka wisata ke lombok menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat. Namun, sebelum kesana, Kamu perlu banget untuk menyimak tips liburan ke Lombok yang aman dan pastinya murah yang ramah akan kantong.

Wisata memang menjadi salah satu cara apresiasi diri sendiri karena telah penat atau lelah akan pekerjaan sehari-hari dan sebagai ajang untuk berkumpul dengan keluarga yang sangat memorable.

Oleh karena itu, jangan sampai sia-siakan kesempatan bersama keluarga ini ya apalagi tidak menyiapkan secara baik sebelum datang ke tempat atau lokasi wisata yang dituju. Yuk, simak panduan singkat atau bisa dikatakan tips liburan ke Lombok supaya tidak kepikiran kehabisan waktu dan dana.

Tips Liburan ke Lombok

Mengapa sih Kamu perlu membaca tips ini? Sebab, banyak sekali yang wisata tetapi malah tidak terkontrol terkait estimasi waktu, keuangan dan juga tempat-tempat wisata yang habis dijalan dan malah tidak bisa bawa oleh-oleh ketika pulang.

Nah, gak ingin kan seperti ini? Oleh karena itu, yuk simak baik-baik tips liburan berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Wisata di Lombok

Cara pertama yang wajib untuk dilakukan adalah mulai riset dan cari-cari mengenai wisata-wisata menarik yang ada di wilayah Lombok. Lombok itu luas, jadi perlu untuk membuat rencana tujuan wisata supaya bisa efisien dalam menggunakan waktu liburannya.

Sebelumnya, kita sudah membahas terkait dengan tujuan wisata yang ada di Lombok. Jika, Kamu bingung tentang rekomendasi tempat wisata di Lombok, boleh banget untuk membaca dan menyimak artikel berikut ini.

Pastikan sudah mengetahui terlebih dahulu ya, destinasi wisata yang akan dikunjungi. Kalau masih bingung lagi, bisa untuk melihat konten-konten wisata di Youtube atau akun-akun instagram yang sering membahas tentang travelling.

2. Menentukan Transportasi yang Dipakai

Langkah kedua tips liburan ke Lombok, yaitu menentukan transportasi yang akan dipakai menuju kota Lombok. Mengapa hal ini penting? Kamu bisa menghemat pengeluaran di awal apabila bisa arif dalam menentukan transportasi yang dipakai menuju ke sana. Ada beberapa rekomendasi yang bisa dipilih.

a. Menggunakan Pesawat

Jika memilih menggunakan pesawat untuk datang ke sana, Kamu bisa banget untuk selalu update promo-promo tiket pesawat ya. Harga tiket penerbangan ke Lombok cukup beragam. Jika kamu dari Jawa Timur, bisa memesan penerbangan dari Surabaya yang tiketnya mulai dari Rp400.000.

Jadi, rajin saja untuk mencari informasi ini. Biasanya kalau masa-masa liburan ada promo khusus pulang-pergi menggunakan pesawat.

b. Menggunakan Mobil Pribadi

Pilihan kedua, yaitu menggunakan mobil pribadi. Pilihan ini cocok untuk Kamu yang memiliki kendaraan pribadi, liburan bersama keluarga, dan juga waktu liburan lumayan lama. Dengan menggunakan mobil pribadi sendiri, kamu bisa menghemat untuk menggunakan kendaraan umum dan bisa langsung terjun ke wisata masing-masing tanpa perlu memikirkan harus sewa mobil dan lainnya.

Jika dari jawa menggunakan mobil pribadi, gunakan penyebrangan dengan jalur laut ya. Murah meriah.

3. Menentukan Rencana Penginapan

Sebagai destinasi wisata yang sekarang banyak diidamkan oleh banyak orang karena sudah bosan ke Bali, Lombok telah banyak berbenah dan kini pun punya banyak sekali hotel dan penginapan untuk wisatawan di sana. Pastinya juga ramah di kantong asala memilih penginapan yang tepat.

Tiga tempat yang sangat dikenal adalah Senggigi, Gili Trawangan, dan kuta. Namun, jika ingin lebih murah bisa mencari penginapan yang sedikit tidak terkenal dan tidak harus mahal yang penting nikmat untuk penginapan. 

Ingat! Jangan sampai uangmu habis hanya untuk menginap saja, tetapi bisa untuk berwisata ke tempat-tempat lainnya.

4. Kendaraan Saat di Lombok

Tips liburan ke Lombok selanjutnya adalah memilih akomodasi yang akan digunakan selama berlibur di Lombok. Apabila kamu membawa sendiri kendaraan pribadi, hal ini tidak akan menjadi masalah. Sebab, Kamu tidak akan terlalu memikirkan masalah pengeluaran dan waktu bermain.

Berbeda dengan mereka yang tidak memakai kendaraan pribadi, salah satu pilihan yang enak adalah dengan menyewa kendaraan untuk berlibur. Pastikan sebelum menyewa sudah menentukan rute dan tujuan destinasi wisata di lombok, supaya tidak buang-buang waktu di perjalanan karena tidak efisien.

5. Merinci Kebutuhan Pengeluaran

Selanjutnya dan merupakan hal paling penting, membuat rencana pengeluaran untuk liburan. Jangan sampai akibat liburan malah pikiran tidak bahagia setelah pulang berlibur akibat uang habis. Jangan sampai terjadi ya.

Terus, bagaimana caranya supaya tidak terjadi hal seperti ini? Solusinya adalah membuat anggaran yang mudah dan ringkas saja, tidak perlu detail. Hal yang harus dipikirkan antara lain:

  • Biaya transportasi menuju ke lokasi
  • Biaya sewa transportasi atau memakai kendaraan umum
  • Biaya untuk penginapan
  • Biaya untuk makan
  • Tiket masuk tempat wisata
  • Biaya untuk oleh-oleh pulang
  • dan biaya lain yang sebaiknya dihitung

Jika sudah jangan lupa juga siapkan dana darurat jika terjadi hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Misalnya, ternyata biaya sewa mobil naik daripada hari biasanya karena trafik wisatawan yang naik juga atau hal lainnya.

6. Memikirkan Budget untuk Oleh-Oleh

Tips liburan yang tidak boleh dilupakan untuk orang lain selain kita yang berwisata adalah oleh-oleh. Masa iya udah jauh-jauh berlibur, tidak bawa buah tangan (oleh-oleh khas) untuk sanak dan saudara atau bahkan teman dekat.

Untuk wisata di Lombok, banyak sekali pilihan oleh-oleh yang bisa dipilih oleh wisatawan dan harganya juga sangat murah dibandingkan dengan tempat wisata yang sudah terkenal seperti di Bali.

Apabila ingin tau rekomendasi oleh-oleh untuk dibawa pulang setelah berlibur di Lombok, kamu bisa baca pada ulasan khusus 10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok yang Sebaiknya Kamu Beli!

7. Pilih Tempat Makan yang Tepat

Tips terakhir adalah memilih tempat makan yang tepat. Kadang kita lupa mengalokasikan dana untuk makan karena merupakan hal dasar yang sepele. Kayak misalnya kita melupakan masalah kencing yang harus bayar Rp 2000,- sekali buang air kecil.

Nah, pastikan memilih tempat makanan yang selain murah juga berkualitas, menyediakan banyak pilihan menu, memiliki fasilitas yang lengkap seperti parkir luas, ada toilet dan mushola dan juga harga yang ramah kantong dengan kekhasan wisata Lombok. Bahkan ada tempat bermain bagi anak-anak kecil.

Salah satu pilihan yang Kami sarankan adalah dengan mengunjungi tempat makan di restoran Bebek Pondok Galih di Lombok. Mengapa harus memilih bebek pondok Galih? Sebab, restoran ini bisa datang langsung ataupun diantar dan berlokasi di berlokasi di Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Cek menu dan layanan bisa langsung kunjungi website resminya di https://bebekpondokgalih.com/menu/

Saatnya Liburan Aman ke Lombok 

Nah, itulah 7 tips penting liburan ke Lombok. Uang Aman, Perjalanan Nyaman dan Kenangan Bisa Tersimpan. Apabila ketujuh tips di atas dilaksanakan dengan baik dan direncanakan dengan matang, pasti akan memberikan pengalaman wisata di Lombok menjadi lebih baik.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat dan membantu wisatamu lebih berkesan apalagi jika berwisata bersama keluarga. 

Facebook
WhatsApp
Email