Rute Keliling Lombok dengan Motor

Rute Keliling Lombok dengan Motor

Siapa disini yang berencana untuk melakukan keliling lombok tetapi dengan motor saja? Ternyata banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menikmati keindahan pulau Lombok ini, salah satunya adalah dengan berkeliling menggunakan motor.

Rute keliling lombok dengan motor yang akan dibahas dalam artikel ini sangat cocok untuk Kalian yang berasal dari Jawa atau Bali yang menyeberang menggunakan pelabuhan dari Bali menuju pulau lombok.

Yuk, kita simak baik-baik pembahasan singkat berikut ini semoga bisa menjadi salah satu rujukan dalam liburan yang menggunakan motor sebagai transportasi utama dalam menjelajah Lombok.

1. Pelabuhan Lembar Lombok

Pelabuhan Lembar menuju Kota mataram lombok bisa ditempuh dengan motor selama 15 Menit. Namun, jika kondisi jalanan ramai biasanya bisa sampai menempuh dengan waktu 30-40 menitan.

Rute Keliling Lombok dengan Motor

Nah, setelah sampai kota Mataram ini sebaiknya Kalian menyewa tempat tidur (penginapan) untuk bermalam semalam saja supaya bisa istirahat setelah menjalani perjalanan jauh dari jawa atau Bali.

Selain untuk istirahat, bisa juga sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang yang dibawa dan supaya saat liburan dan mengelilingi Lombok ini bisa mudah dan ringan. Harga penginapan cari yang murah, biasanya rentang harga 200-400 ribu rupiah tergantung spesifikasi yang diinginkan.

Setelah selesai istirahat dan juga menyimpan barang bawaan yang berat, selanjutnya siap-siap untuk bisa berkeliling Lombok.

2. Taman Narmada

Rute keliling Lombok dengan motor yang pertama adalah dari Kota Mataram menuju Taman Narmada yang ada di wilayah Mataram dekat dengan kita menginap sementara tadi. Untuk mencapai daerah ini memerlukan waktu sekitar 20 menit saja. 

Apa itu Taman Narmada?

Jadi, Taman Narmada merupakan taman yang memiliki luas sekitar 2 hektar dan ceritanya taman ini dibangung pada saat pimpinan Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem pada tahun 1727.

Apa yang wisata yang bisa dinikmati?

Wisata yang bisa Kalian nikmati adalah pemandian dari mata air alami (kolam renang) dan juga bisa mencari makanan sarapan disini dengan harga yang murah. 

Untuk bisa masuk daerah ini hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk Rp10.000 dan parkir serta datanglah pada jam bukanya, yaitu 09.00 pagi sampai 17.00 sore WITA.

3. Kupang - Terara (Lombok Timur)

setelah menikmati hari di taman narmada, lanjut mencari makan siang yang khas, yaitu dengan datang ke Kupang Timur, Terara. Waktu yang perlu ditempuh dari Taman Narmada ke daerah ini selama 30 menitan.

Disini ada makanan khas yang dinamakan dengan Nasi Ayam Rarang, yaitu nasi yang sangat legendaris dengan Plecing dan sambal beberuk lombok. Nasi Rarang ini dibandrol cukup murah, yaitu hanya sekitar Rp25.000,- per porsi.

4. Desa Wisata Tete Batu

Setelah makan kuliner khas Lombok, lanjut ke tempat wisata Tete Batu. Desa Wisata Tete Batu ini berlokasi di  Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan bahkan secara resmi mewakili Indonesia dalam lomba internasional Best Tourism Village dari United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Desa wisata ini memiliki banyak wahana dan keindahan yang bisa dinikmati, antara lain tiga air terjun (air terjun Tereng Wilis, Air Terjun Benang Kelambu dan Air Terjun Benang Setukel), area untuk camping (berkemah), ecogreen, dan trek untuk sepeda downhil. Dalam satu tempat, kita sudah bisa menikmati beberapa hal yang ada di Lombok.

4. Tetebatu- Masbagik- Aikmel

Setelah menikmati desa wisata yang sangat legendari dan penuh keindahan wisatanya, kita akan lanjut menuju ke Aikmel. Nah, untuk perjalanan menuju ke Aikmel ini kita akan melewati wilayah Masbagik yang nantinya selama perjalan akan disuguhi keindahan pemandangan Gunung Rinjani.

Untuk menuju Aikmel ini diperlukan waktu sekitar 40-50 menitan sehingga bisa banget untuk mampir di warung untuk membeli minum dan makanan supaya bisa tetap vit dalam perjalanan. Sebab di Aikmel ini ada banyak orang yang berjualan Kopi Asli Lombok yang sangat khas. Patut untuk dicoba sekaligus menyiapkan perbekalan menuju desa Sembalun.

5. Sembalun

Setelah menyiapkan perbekalan, langsung saja berangkat menuju Sembalun. Pastikan memakai jaket yang tebal sebab nanti selama perjalanan akan melewati tengah hutan gunung Rinjani yang sangat dingin tetapi tetap Indah untuk dinikmati sebelum sampai di Desa wisata sembalun.

Ketika sampai di Sembalun, kita bisa langsung merencanakan untuk datang ke kolam pemandian alam Lemor atau bukit Kondo dengan menikmati pemandangan alam Gunung Rinjani.

Setelah selesai dari pemandian alam Lemor, lanjut ke lokasi wisata yang dekat lainnya yaitu Wisata Pusuk Sembalun. Disini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk mengambil foto-foto Indah pemandangan Gunung Rinjani dari bukit, supaya punya kenangan dan pastinya sangat instagramable.

Sebelumnya, kita sudah membahas lengkap mengenai rekomendasi destinasi wisata di Sembalun Lombok dan sekitarnya. Jika memiliki banyak waktu untuk berwisata, Kamu bisa menghabiskan banyak waktu disini dan bahkan bermalam di Sembalun Lombok apalagi keliling Lombok dengan motor juga akan sangat melelahkan.

Jika bingung ingin berwisata kemana, yuk baca artikel terkaitnya di 7 Rekomendasi Destinasi Wisata di Sembalun Lombok.

6. Masjid Bayan Tertua di Lombok

Masih semangat dan kuat untuk liburan dan berkeliling menggunakan motor? Jika iya, yuk lanjut keliling Lombok yang selanjutnya yaitu mendatangi masjid tertua yang ada di Lombok, yaitu Masjid Bayan Baleq Lombok.

Untuk kalian yang menyukai budaya dan sejarahnya, sangat direkomendasikan untuk datang kesini ya. Bahkan Masjid ini menjadi logo Kabupaten Lombok Utara juga ya. Jadi, memang sangat melegenda.

Apabila kurang menyukai, kamu bisa juga mengunjungi Air Terjun Sendang Gile yang berada 6 KM dari masjid ini. 

Jadi, karena memang tempat wisata yang ditawarkan sangatlah banyak, tidak perlu bingung mencarinya ketika sudah sampai di Lombok.

7. Pantai Senggigi

Destinasi selanjutnya setelah di Bayan dan Air Terjun Sendang Gili, kita akan pergi ke Lombok Barat yaitu menuju Pantai Senggigi yang sangat dikenal di Lombok yang menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Kuatkan tubuh untuk perjalanan yang memakan waktu ini dan pastikan tetap usahakan istirahat jika mulai lelah.

Nantinya di perjalanan menuju pantai senggigi, akan disuguhkan keindahan alam 3 gili yang dari kejauhan sangat Indah sekali, yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. 

Pantai senggigi ini akan menjadi destinasi wisata terakhir sebelum Kita pulang. Pantai ini berlokasi langsung dengan Selat Lombok yaitu berseberangan dengan Pulau Bali. Pantai ini sangat indah untuk dinikmati dan bagi kalian sebelum pulang bisa menghabiskan waktunya disini yang lama.

Selain wisata di Pantai senggigi, sebenarnya masih ada beberapa tempat wisata di dekat Senggigi yang bisa dinikmati, antara lain sebagai berikut.

  • Sudirman Antiques Shop
  • Pantai Kerandangan
  • Pura Batu Bolong
  • Puncak Pusuk 
  • Pass Authentic Lombok Tours

8. Kembali Ke Mataram

Setelah selesai menikmati pantai senggigi, lanjut menuju kota mataram yang tujuannya untuk kembali ke pusat kota bisa untuk mencari oleh-oleh pulang dan mempersiapkan pulang dan menyeberang ke Pulau Bali. Jika banyak waktu, usahakan untuk menginap semalam lagi minimal untuk istirahat dan menikmati Kota Mataram. Jika sudah kembali pulih, lanjut kembali ke Pelabuhan Lembar untuk pulang kembali menuju Bali dan Jawa.

Nah, itulah cara liburan yang simpel untuk rute keliling Lombok dengan motor yang aman dan pastinya tetap bisa menikmati liburan dengan nyaman.

Kulineran di Lombok

Setelah seharian berlibur dengan mengunjungi banyak sekali tempat wisata alam, belum cukup rasanya kalau belum menikmati kuliner yang pastinya bisa dikenang dan memiliki jenis menu yang banyak di Lombok. Banyak loh, kuliner yang ada di Lombok. 

Bebek Pondok Galih menjadi salah satu kuliner lombok yang bisa kamu tuju untuk memuaskan kulineran di Lombok. Selain menawarkan kelezatan hidangan, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati suasana yang sejuk pinggir sawah serta mengedepankan suasana restoran keluarga

Langsung saja nikmati kuliner terbaik di Lombok hanya di restoran Bebek Pondok Galih, menyediakan aneka olahan bebek, ayam, ikan dan menu lainnya beserta dengan fasilitas yang sangat lengkap. Cocok untuk para wisatawan yang butuh tempat luas dan menikmati enaknya kulineran di lombok.

Artikel Terkait:

Rekomendasi Kuliner di Lombok yang Harus Kamu Coba

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok yang Sebaiknya Kamu Beli

7 Destinasi Wisata di Sembalun Lombok, Rugi untuk Dilewatkan

15 Rekomendasi Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Facebook
WhatsApp
Email