Rincian Biaya Liburan ke Lombok dari Surabaya

Rincian Biaya Liburan ke Lombok dari Surabaya (1)

Siapa disini yang ingin liburan ke lombok dari Surabaya tetapi masih ragu dan bingung menentukan biaya liburannya? Santai-santai, dalam artikel ini akan Kami bahas secara lengkap berapa sih biaya liburan ke Lombok dari surabaya yang perlu dipersiapkan?

Menghitung biaya liburan bukanlah hal yang mudah dan kadang juga ada orang yang bilang ketika menghitung biaya liburan malah dianggap pelit atau hemat. Padahal bukan itu tujuannya. Tujuannya baik, supaya bisa menyiapkan dana minimal untuk berlibur dan harus menyiapkan dana berapa untuk jaga-jaga dan bisa berlibur dengan tenang.

Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas ini masalah biaya liburan ke Lombok dan semoga bahasan ini bermanfaat ya.

Menghitung Biaya liburan ke Lombok dari Surabaya

Ada banyak sekali hal yang harus disiapkan supaya kantong tidak jebol karena ingin liburan. Namun, tenang saja apabila ingin bisa irit dan tetap bisa liburan dengan maksimal ada solusinya, yaitu menyiapkan semuanya sebelum berangkat. Artinya, yuk kita hitung kira-kira apa saja yang sebaiknya disiapkan, direncanakan dan dipikirkan untuk bisa liburan dengan tenang dan tanpa kekurangan uang.

1. Biaya Transportasi

Hal pertama kali yang harus dipikirkan adalah masalah biaya transportasi yang akan digunakan menuju ke Lombok. Ada tiga pilihan sebenarnya, yaitu menggunakan jalur laut (bawa mobil sendiri), jalur laut (pakai travel) atau jalur udara menggunakan pesawat.

Apabila memang ingin menggunakan pesawat, salah satu cara untuk menghemat pengeluaran adalah dengan mencari promo-promo tiket pesawat di Aplikasi online. Dengan menggunakan diskon dan promo ini, kita bisa sangat mengurangi beban biaya transportasi dan juga bisa dialihkan untuk hal lain. Berikut kira-kira biaya sekali jalan untuk naik pesawat SBY-Lombok.

Asumsikan kita memilih yang tengah-tengah, yaitu Rp600.000,- per orang. Untuk bisa pulang pergi jadi butuh biaya Rp1.200.000/orang.

Kedua, dengan naik kapal untuk penyeberangan. Dari surabaya harus menuju ke banyuwangi dahulu menggunakan kereta dan dilanjutkan dengan penyeberangan kapal menuju pelabuhan bali dan sesampainya di Bali menggunakan Bus pariwisata untuk bisa sampai di pulau Lombok. Jika ditotal, biaya untuk semua ini adalah Rp500.000,- saja.

Pilihan yang perlu dipikirkan adalah terkait dengan waktu juga ya. Pastinya jika menggunakan pesawat lebih cepat untuk sampai di Lombok tetapi apabila menggunakan kapal akan lebih lama bahkan bisa sampai 12 jam lebih untuk penyeberangan dan lintas pulau.

2. Penginapan

Kedua, pasti tidak mungkin sesampainya di Bandara Lombok langsung berlibur ria disemua tempat wisata yang ada di Lombok, pasti butuh yang namanya peristirahatan sejenak yang disebut dengan penginapan.

Sejak adanya sirkuit MOTOGP di Mandalika dan juga banyak sekali desa wisata yang sudah sadar pentingnya wisata bagi mereka, sekarang sudah tak perlu bingung memikirkan mencari penginapan. Banyak sekali penginapan yang ditawarkan baik itu oleh perusahaan yang di bidangnya atau masyarakat lokal yang membuka layanan penginapan ini.

Bahkan harga yang ditawarkan saja juga sangat murah untuk penginapan yaitu berkisar dengan Rp350.000-an per dan lebih murah lagi jika mau menginap selama 4 hari 3 malam, hanya merogoh koceknya sekitar 1,1 jutaan dan bisa lebih murah daripada itu.

3. Transportasi Lokal

Masalah selanjutnya yang perlu dihitung adalah kendaraan saat di Lombok. Bagi yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, kalian tidak perlu bingung masalah akomodasi sebab sudah banyak agen atau bahkan penginapan yang menyediakan akomodasi yang sangat bervariasi mulai dari motor ataupun mobil tergantung kebutuhan liburan.

Biaya penyewaan motor di Lombok dihargai dengan tarif yang sangat manusiawi bahkan terbilang murah. Biaya transportasi lokal di Lombok dapat disewa dengan dengan tarif 50-60 ribu per 24 jam. Dan apabila ingin sewa mobil hanya membutuhkan biaya sekitar 250-300 ribu sedikit agak mahal tetapi bisa bebas untuk menjangkau tempat wisata yang ada di Lombok serta bisa leluasa memilih tempat wisata, tempat kuliner dan peristirahatan. 

Nah, apabila berlibur selama 4 hari di Lombok, maka paling hanya menghabiskan biaya sewa motor 300 ribu atau 1,5 juta untuk sewa mobil dan ini sudah termasuk biaya BBM ya. (Oh iya, kalau BBM naik pasti pengeluaran juga naik jadi pastikan membawa uang lebih untuk masalah BBM ini).

4. Biaya Kulineran dan Makan

Di Lombok masalah makanan dan kuliner memang terbilang cukup murah tetapi masalah keberadaan bisa dikatakan cukup jarang ada seperti warung-warung terutama di kawasan hotel. 

Untuk biaya makan di warung-warung yang ada, biasanya sekali makan membutuhkan uang Rp15.000-25.000 sekali makan. Jadi, untuk menghemat biaya makan ini sebenarnya bisa juga membawa air minum sendiri selama perjalanan daripada harus beli di tempat makan. Jika dihitung berlibur selama 4 hari, maka anggaran yang harus disiapkan untuk makan selama 4 hari 3 malam di Lombok akan menghabiskan biaya sebanyak antara Rp200.000 sampai dengan Rp300.000 per orang. Dan ini hanya untuk makan makanan yang umum saja ya.

Apabila menambah makanan khas, biasanya lebih mahal daripada makanan yang ada di warung sebab memang daya jual akan naik ketika di tempat wisata.

5. Tiket Wisata dan Parkir

Salah satu biaya liburan ke Lombok yang kadang tidak terpikirkan adalah masalah tiket masuk ke tempat wisata dan juga biaya parkirnya. Memang tidaklah mahal tetapi jika ditotal sesuai dengan jumlah orang dan kendaraan pasti akan terasa sangat banyak, kecuali berlibur sendiri atau berdua ya.

Tiket masuk ke tempat wisata masing-masing memiliki harga yang berbeda-beda, tetapi jika hanya menikmati tempat wisata alam paling gratis dan kalau mahal tidak lebih dari dari Rp40.000,- per orang. 

Untuk wisata seperti pantai, air terjun dan bukit-bukit biasanya hanya membayar biaya parkit antara Rp5.000 (untuk sepeda motor) sampai dengan Rp15.000 (untuk mobil) tergantung masing-masing lokasi wisatanya.

6. Biaya Oleh Oleh

Masa iya sudah jauh-jauh ke Lombok tidak bawa oleh-oleh? Nah, oleh-oleh inilah yang kadang malah menghabiskan banyak uang ketika berlibur apalagi liburannya jauh ke Lombok sehingga perlu juga melakukan manajemen pembelajaran untuk masalah oleh-oleh.

Untuk memudahkan, bagi saja oleh-oleh apa yang ingin dibagikan supaya tidak kuwalahan dalam membawa oleh-oleh apalagi apabila pakai pesawat ada batasan berat dalam membawa barang kan.

  • Oleh-Oleh untuk Saudara Kandung
  • Oleh-Oleh untuk Saudara Jauh
  • Oleh-Oleh untuk Tetangga
  • Oleh-Oleh untuk Teman dan Rekan Kerja

Prioritaskan mana yang sebaiknya diberi ya dan juga melihat-lihat kantong sendiri mengenai kecukupan uang.

Dengan adanya penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa untuk berlibur ke Lombok memerlukan dana minimal Rp1.750.000/orang selama 4 hari dan juga menggunakan pilihan motor ketika berkeliling di Lombok. Belum termasuk biaya oleh-oleh dan makan yang bisa saja membludak ya. 

Kulineran di Lombok

Setelah seharian berlibur dengan mengunjungi banyak sekali tempat wisata alam, belum cukup rasanya kalau belum menikmati kuliner yang pastinya bisa dikenang dan memiliki jenis menu yang banyak di Lombok. Banyak loh, kuliner yang ada di Lombok. 

Bebek Pondok Galih menjadi salah satu kuliner lombok yang bisa kamu tuju untuk memuaskan kulineran di Lombok. Selain menawarkan kelezatan hidangan, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati suasana yang sejuk pinggir sawah serta mengedepankan suasana restoran keluarga

Langsung saja nikmati kuliner terbaik di Lombok hanya di restoran Bebek Pondok Galih, menyediakan aneka olahan bebek, ayam, ikan dan menu lainnya beserta dengan fasilitas yang sangat lengkap. Cocok untuk para wisatawan yang butuh tempat luas dan menikmati enaknya kulineran di lombok.

Artikel Terkait:

Rekomendasi Kuliner di Lombok yang Harus Kamu Coba

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok yang Sebaiknya Kamu Beli

7 Destinasi Wisata di Sembalun Lombok, Rugi untuk Dilewatkan

15 Rekomendasi Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Facebook
WhatsApp
Email