Rekomendasi Pantai Eksotis di Lombok Timur, Wajib Dikunjungi!

pantai di lombok timur

Siapa nih yang berencana ingin liburan ke Lombok khususnya di Lombok Timur tapi masih bingung ingin wisata ke mana saja? Jika masih bingung, yuk baca lengkap artikel ini sebab akan membahas rujukan pantai eksotis di Lombok timur yang pastinya sangat dianjurkan untuk didatangi ketika berlibur ke Lombok.

Berlibur menjadi pilihan yang tepat apabila sudah penat dengan kehidupan pekerjaan sehari-hari yang sangat padat dan tidak ada habisnya. Nah, dengan berlibur apalagi berlibur di tempat-tempat yang alami pasti bisa menghilangkan stres yang berlebih.

Tepat sekali apabila ingin berlibur ke Lombok Timur, sebab di sini merupakan surganya wisata alam yang jumlahnya sangat banyak sekali serta telah dikelola dengan baik oleh warga setempat dan didukung oleh pemerintah. Tidak lama-lama, langsung simak rekomendasi pantai di Lombok Timur berikut ini.

Daftar Pantai di Lombok Timur yang Indah dan Alami

1. Pantai Tanjung Bloam

Rekomendasi pertama pantai yang wajib dikunjungi ketika Kamu di Lombok timur adalah Pantai Tanjung Bloam. pantai ini dikenal sebagai tempatnya konservasi penyu dengan habitatnya yang berada di sepanjang garis pantai. 

Sumber travelmatekamu.com

Selain penyu, memang Pantai Tanjung Bloam memiliki keindahan alam yang begitu alami sehingga kadang lupa untuk menikmati keindahan pantainya sebab yang dikenal adalah tempat konservasi penyunya. 

Pantai ini berlokasi di Dusun Tangsi, Desa Tameak, Kecamatan Jerowaru, Kab. Lombok Timur Dan apabila ditempuh dengan menggunakan motor atau mobil selama 2.5 jam dengan jarak 88 KM.

2. Pantai Kaliantan

Pantai ini berlokasi di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Nah, pantai ini jarang sekali dikunjungi sebab memang belum begitu dikenal. Padahal pemandangan yang bisa dinikmati sangatlah masih asri dan alami sebab jauh dari keramaian dan letaknya di dekat bukit-bukit yang langsung berseberangan dengan pantai ini.

Sumber ig @dwioblo

Di pantai ini, selain menikmati keindahan juga bisa menikmati beberapa fasilitas wisata lainnya seperti bermain Kitesurfing yang disediakan oleh pengelola wisata pantai kaliantan. Jika Kamu adalah wisatawan yang tidak suka dengan keramaian dan ingin menikmati indahnya alam. Mungkin, pantai ini cocok untuk dikunjungi ketika mencari pantai di Lombok Timur.

3. Pantai Ekas

Membahas tentang pantai di Lombok Timur memang tidak ada habisnya. Salah satunya lagi yang kami rekomendasikan untuk didatangi adalah Pantai Ekas. Pantai Ekas terletak di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur dan terletak 77 KM dari kota mataram.

Apa yang bisa dinikmati? Ada hal yang menarik mengapa sebaiknya mengunjungi pantai ini. Sebab, selain menikmati keindahan pantainya, Kita sebagai wisatawan akan dimanjakan untuk melihat aktivitas-aktivitas para nelayan yang sedang bekerja.

Selain itu, karena adanya aktivitas para nelayan ini maka mereka menyediakan pondok apung yang digunakan nelayan untuk tambak dan budidaya ikan serta hasil tangkapan ikan nelayan juga bisa dipesan untuk diolah menjadi bahan kuliner yang siap dinikmati.

4. Pantai Gili Sulat dan Gili Lawang

Dalam bahasa Lombok, Gili artinya pulau. Nah, Gili Sulat dan Gili Lawang ini merupakan pulau yang berada di kawasan Lombok timur. Banyak sekali hal yang bisa dieksplorasi dari kedua pulau ini baik dari sisi pantai maupun wisata di daratannya. 

Nah, secara administratif Gili Sulat dan Gili Lawang berada di Desa Sambelia, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur berjarak sekitar 85 KM dari Kota Mataram, sehingga membutuhkan waktu 2.5 sampai 3 jam untuk perjalanan menuju ke sana.

Wisata yang paling dicari dan sering dikunjungi adalah menikmati hutan mangrove yang sangat terjaga dan dibudidayakan secara massal di daerah ini sehingga suasana hijau dan asri akan sangat terasa ketika berlibur ke Gili Sulat dan Gili Lawang.

Dari pantainya, pantai di sini memiliki pasir yang putih dan bersih. Cocok sekali untuk fotografi atau hanya sekadar menikmati indahnya pesisir pantai. Selain itu, wisatawan bisa menggelar beberapa aktivitas juga seperti berenang, berjemur, camping, snorkling, mengamati satwa dan diving. Jadi, berwisata di sini akan banyak sekali yang bisa dilakukan dan jadi kenangan.

5. Pantai Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit berlokasi di Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru yang berada di paling ujung Kabupaten Lombok Timur. Pantai ini bisa dikatakan salah satu surganya destinasi wisata di Lombok Timur sebab belum banyak yang mengetahui lokasi pantai tanjung ringgit ini.

Artinya, memang belum banyak yang mengenalnya dan sepi pengunjung. Masalahnya adalah jalan menuju ke Pantai ini belum aspal dan halus sehingga perlu tenaga lebih untuk bisa sampai di pantai ini. Namun, jika Kamu memang suka dengan alam dan petualangan, Pantai Tanjung Ringgit di Lombok Timur ini patut untuk dikunjungi.

6. Gili Kondo

Kalau di atas tadi ada Gili Sulat dan Gili Lawang yang saling berdekatan, Gili Kondo ini juga merupakan salah satu pantai yang sangat disarankan untuk dikunjungi oleh wisatawan. Gili kondo merupakan gugusan pulau kecil yang membentang antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Lokasi Gili Kondo berada di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, yang dekat dengan Gili Bidara, dan dekat dengan Gili Lampu dan Gili Kapal.

Gili Kondo ini tidak berpenghuni manusia dan hanya sebagai tempat mampir bagi nelayan yang sedang mencari ikan. Selain itu, karena memang pasirnya yang bagus, biasanya nelayan membawa wisatawan juga untuk datang ke sini. Dahulunya, Gili Kondo ini merupakan sarang dan tempat tinggal burung besar yang dijuluki dengan Kondo.

Mulai dari berjalan kaki menyusuri pulau, menatap langit yang jernih, mencari terumbu karang mati yang langka dan masih indah seperti karang berwarna merah, melihat nelayan Hal yang bisa dilakukan ketika di Gili Kondo, yaitu dengan menikmati nelayan lokal menjaring ikan, snorkeling melihat aneka ikan hias dan terumbu karang dan menyaksikan fenomena Gili Kapal.

7. Pantai Surga

Jika julukan Lombok sebagai surganya wisatawan, maka pantai yang satu ini bukan hanya sebuah julukan tetapi memang namanya adalah Pantai Surga. Pantai ini berlokasi di Desa Ekas, Kec. Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Di Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih keemasan sehingga sangat memanjakan mata ketika melihatnya serta bagus untuk foto. Selain masalah pasir putih yang eksotis, hal yang paling memanjakan mata adalah warna air lautnya yang biru kehijauan yang disebabkan oleh refleksi dari perbukitan di sekitarnya.

Jadi, kalau Kamu datang ke pantai surga ini, dipastikan bukan hanya pantai saja yang bisa dinikmati tetapi lebih dari itu, karena ada banyak sekali bukit di samping pantai yang hijau. Selain pemandangan, Kamu juga bisa menikmatinya dengan berenang, berselancar dan juga memancing di sana. 

Itulah rekomendasi pantai di Lombok Timur yang bisa dikunjungi. Memang membahas Lombok tidak akan ada habisnya, sebab 7 rekomendasi pantai di Lombok Timur di atas hanya sebagian kecil saja. Masih banyak pantai yang belum dijelajahi oleh wisatawan.

Kulineran di Lombok

Setelah seharian berlibur dengan mengunjungi banyak sekali tempat wisata alam, belum cukup rasanya kalau belum menikmati kuliner yang pastinya bisa dikenang dan memiliki jenis menu yang banyak di Lombok. Banyak loh, kuliner yang ada di Lombok. 

Bebek Pondok Galih menjadi salah satu kuliner lombok yang bisa kamu tuju untuk memuaskan kulineran di Lombok. Selain menawarkan kelezatan hidangan, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati suasana yang sejuk pinggir sawah serta mengedepankan suasana restoran keluarga

Langsung saja nikmati kuliner terbaik di Lombok hanya di restoran Bebek Pondok Galih, menyediakan aneka olahan bebek, ayam, ikan dan menu lainnya beserta dengan fasilitas yang sangat lengkap. Cocok untuk para wisatawan yang butuh tempat luas dan menikmati enaknya kulineran di lombok.

Artikel Terkait:

Rekomendasi Kuliner di Lombok yang Harus Kamu Coba

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok yang Sebaiknya Kamu Beli

7 Destinasi Wisata di Sembalun Lombok, Rugi untuk Dilewatkan

15 Rekomendasi Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Facebook
WhatsApp
Email