7 Rekomendasi Kuliner Mataram Lombok

restoran luas dan sejuk

Sudah sampai di Lombok belum lengkap jika belum merasakan kuliner mataram Lombok yang khas dengan bumbu dan rasa pedasnya. Indonesia memang gudangnya wisata kuliner, salah satu yang dikenal adalah dari Mataram Lombok. 

Coba, siapa yang tidak pernah mendengar makanan Ayam Taliwang. Pasti sudah sering mendengar kan. Bahkan juga membelinya. Namun, selain ayam taliwang, ternyata ada banyak kuliner yang bisa dicoba selama liburan di Lombok khususnya di Kota Mataram.

Yuk simak artikel rekomendasi ini sampai tuntas ya.

Alasan Mengapa Harus Wisata Kuliner

Masih banyak yang tidak sadar ya, mengapa sebagian orang suka untuk wisata kuliner. Bahkan disamping wisata alam atau wisata yang lainnya, kulineran tetap menjadi hal pertama yang tidak pernah ketinggalan.

Apa sih alasan harus banget untuk kulineran?

1. Mencicipi Makanan Baru

Sudah jauh-jauh sampai Mataram Lombok, pasti akan ada perbedaan cita rasa yang khas yang berbeda dari daerah Kita. Nah, dengan wisata kuliner, maka kita akan mendapatkan sensasi yang berbeda dan unik di Lombok ini sehingga bisa membuat rasa kangen dilain waktu dan ingin mengunjungi lagi.

2. Menggali Cerita di Balik Makanan

Bagi para penikmat kuliner, pasti tidak hanya menikmati rasa makanannya saja tetapi juga akan menggali lebih jauh mengenai sejarah dan juga asal usul dari makanan tradisional yang sarat akan budaya ini. Nah, di Mataram Lombok, makanan khas yang ada di sini selalu ada hal unik dari ceritanya sehingga tidak salah jika banyak nama-nama makanan yang asing di telinga kita.

3. Menjalin Kebersamaan

Terakhir, bisa menjalin kebersamaan dan keharmonisan selama proses liburan. Kadang kalau di tempat wisata alam, cara menikmatinya sendiri-sendiri. Namun, jika wisata kuliner dan makan bersama, maka akan dapat harmonisasi dari obrolan dan juga rasa yang ada dalam makanan yang disantap.

Nah, lanjut langsung membahas pokoknya, yaitu kuliner mataram yang wajib di cobain!

Daftar Kuliner di Mataram Lombok

Berikut ini beberapa rekomendasi kuliner di Mataram Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

1. Bebek Pondok Galih

restoran ramah anak

Bebek Pondok Galih merupakan restoran keluarga yang menyajikan menu utama berupa olahan bebek dengan cita rasa rempah khas nusantara yang dijamin lezat. Kami hadir dengan mengusung konsep taman yang sejuk dan nyaman. Kebersihan dan Kualitas Makanan adalah dua hal utama yang selalu menjadi perhatian kami demi kepuasan pelanggan.

Banyak fasilitas yang ditawarkan langsung oleh restoran ini, antara lain sebagai berikut.

  • Tempat yang sejuk
  • Kawasan restoran dekat dengan sawah
  • Parkir luas
  • Terdapat fasilitas ibadah untuk muslim salat
  • Metode pembayaran sangat lengkap, Pembayaran Via Cash, Debit, dan QRIS.
  • Ramah terhadap Anak, banyak tempat untuk main
  • Suasana pedesaan yang sejuk dan enak untuk bercengkrama dengan sanak saudara sekaligus makan.

Untuk masalah fasilitas dijamin terbaik dan terlengkap. Untuk melihat kondisi masing-masing fasilitas dan fotonya bisa dilihat pada Fasilitas Restoran Bebek Pondok Galih.

2. Sate Bulayak Lombok

Kuliner khas yang kedua yang bisa ditemui di hampir semua wilayah Mataram Lombok adalah Sate Bulayak Lombok. Sate ini terbuat dari daging sapi, daging ayam atau daging pada umumnya yang biasa digunakan untuk sate yang dibakar menggunakan arang dan dilumuri oleh saos sambal kacang.

Bumbu kacang ini terbuat dari rempah-rempah yang sangat lengkap, seperti kemiri, lada, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, santan kelapa, dan jeruk

Nah, yang membedakan adalah bulayak ini. Bulayak merupakan lontong seperti pada umumnya tetapi pembuatan lontong dibungkus dengan daun aren secara melingkar dan melilit mengerucut. Cara membukanya pun bukan dibelah menggunakan pisau tetapi dibuka mulai ujung memutar sampai terbuka semuanya.

Pada zaman dahulu, sate bulayak ini hanya dihidangkan saat upacara adat saja. Namun, sekarang sate Bulayak sudah bisa ditemukan kapanpun dan hampir dijual di seluruh lombok.

3. Nasi Balap Puyung

sumber: https://goodindonesianfood.com/

Nasi balap puyung merupakan makanan khas yang berasal dari Desa Puyung NTB. Nah, isi dari Nasi Balap Puyung yaitu nasi putih, ayam suwir, keripik kentang dan oseng kacang panjang yang ditaburi dengan kacang kedelai goreng. 

Untuk menikmati Nasi ini, biasanya orang Mataram dan sekitarnya menikmatinya untuk sarapan pagi. Sehingga, jika ingin mendapatkannya silakan cari di waktu pagi hari. Untuk harga, hanya berkisar Rp16.000-40.000 saja.

4. Sate Rembiga

Sate rembiga merupakan makanan khas Mataram Lombok yang selanjutnya. Sate ini terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi terlebih dahulu selama sekitar 2 jam sebelum dibakar. Apabila di Lombok, ada sebagian yang melakukan marinasi menggunakan Nanas tujuannya supaya daging empuk.

Bumbu untuk marinasi ini sangat kental dengan rempah dan bumbu, yaitu terdiri atas cabai rawit, cabai keriting merah, bawang merah dan putih, terasi, asam jawa, ketumbar bubuk, kecap manis, gula merah, garam, dan daun pepaya. Dengan dilakukannya marinasi inilah yang membuat sate menjadi sangat enak dan bumbu meresap sampai ke dalam daging.

Untuk harga, sate rembiga dihargai sekitar Rp20.000-30.000 saja.

5. Beberuk Terong

Pasti nama makanan ini sangat asing di telinga dan bahkan wisatawan pun juga jarang mengenalnya sebab jarang diulang oleh orang yang berlibur ke Lombok. Jika banyak yang mengenal makanan khas Lombok adalah Ayam Taliwang, harusnya Beberuk Terong ini yang benar-benar makanan khas.

Mengapa demikian? Sebab, hampir di semua warung ada yang makanan ini dan bahkan setiap bertamu dan akan makan, suguhan pertama setelah minum adalah Beberuk Terong ini. Jadi, bisa dikatakan inilah yang sesungguhnya makanan khas Lombok.

Beberuk terong sendiri merupakan sejenis lalapan yang dipotong-potong dan dicampur dengan sambal uleg. Bumbu yang digunakan, seperti cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan kencur. Sehingga sangat segar untuk disantap.

6. Ayam Rarang

Ayam Rarang merupakan makanan khas Mataram Lombok yang hampir mirip dengan ayam taliwang. Bedanya, terletak pada bumbu dan sambal yang berbeda dan lebih pedas. Perbedaan kedua, yaitu ayam rarang ini pasti menggunakan ayam kampung sehingga pasti memiliki rasa yang gurih.

sumber: cookpad.com

Kuliner Mataram Lombok yang satu ini memiliki kerumitan proses memasak yang lumayan dibandingkan dengan ayam taliwang sebab bumbu-bumbu yang digunakan harus ditumis dahulu sampai benar-benar matang dan sedikit air. Setelah itu, bumbu tersebut dioleskan ke ayam kampung sebelum ayam dipanggang sampai matang. Sehingga tidak salah jika ayam rarang ini enak dan banyak peminat. Mungkin bagi yang tidak suka pedas, ayam taliwang lebih disarankan.

7. Sate Pencok

Rekomendasi Kuliner Mataram Lombok yang sebaiknya dicoba dan jangan sampai ketinggalan adalah terkait sate-satean lagi, yaitu Sate Pencok.

Sate pencok merupakan sate yang terbuat dari kulit sapi atau kikil yang dibakar dengan bumbu sate. Namun, semakin berkembangnya olahan, sate ini kadang juga dibuat dari tepung sagu. Bumbu satenya pun juga berbeda, yaitu disebut dengan dengan bumbu pelalah. 

Bumbu pelalah ini terbuat dari cabai, bawang putih, bawang merah, kencur, jahe, kemiri, lada, dan ketumbar yang dihaluskan kemudian dicampur dengan bumbu pecel. Campuran ini dipanaskan lagi sebelum disantap (tetapi bukan ditumis). 

Harga sate pencok ini hanya Rp1.000 per tusuknya. Memang jajanan yang ramah dikantong dan disantap.

Itulah 7 rekomendasi kuliner yang jarang diulang dan merupakan kuliner khas Mataram Lombok. Jangan lupa bawa uang lebih supaya bisa eksplorasi kuliner lebih banyak lagi dan lebih lama di Lombok juga.

Artikel Terkait:

Rekomendasi Kuliner di Lombok yang Harus Kamu Coba

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok yang Sebaiknya Kamu Beli

7 Destinasi Wisata di Sembalun Lombok, Rugi untuk Dilewatkan

15 Rekomendasi Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Facebook
WhatsApp
Email