Transportasi Menuju Mandalika, Banyak Pilihan Ternyata!

transportasi menuju mandalika

Apakah Kamu ingin liburan ke Mandalika Lombok, tetapi bingung ingin menggunakan transportasi apa? Jika iya, maka tepat sekali menemukan artikel ini. Sebab, kali ini Kita akan membahas semua kemungkinan transportasi menuju Mandalika yang bisa digunakan oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke sana.

Mandalika memang menjadi destinasi baru yang mendunia, selain masalah memiliki sirkuit yang bagus dan bertaraf internasional, di Mandalika juga menyimpan wisata alam khususnya pantai yang sangat memukau dan indah. Jadi, tidak salah jika sekarang Mandalika banyak dicari.

Masalahnya adalah bagi yang pertama kali ingin berkunjung ke Mandalika, masih bingung ingin naik transportasi apa yang tersedia dan apakah bisa sampai tujuan dengan cepat ataupun tidak. Oleh karena itu, yuk simak nih pembahasan mengenai masalah ini.

Alternatif Transportasi Menuju Mandalika

Ada beberapa alternatif yang bisa dipilih oleh Kamu dan para wisatawan lainnya untuk bisa sampai ke Mandalika, antara lain sebagai berikut ini.

1. Jalur Udara

Untuk menempuh jalur udara ini, tergantung masing-masing lokasi berasal ya. Misalnya, berasal dari Jawa Timur, maka bisa naik pesawat dari Juanda Surabaya yang nanti turun di Bandara Bandar Udara Internasional Lombok, atau misalnya dari Makassar Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, nanti pilih tujuan utama Bandar Udara Internasional Lombok.

Misalnya, keberangkatan dari Makassar dan akan menuju Lombok, maka pilihannya ada hanya Lion Air dan Wings Air. Dari Bima dan Sumbawa menuju Lombok, hanya maskapai Wings Air yang melayani penerbangan.

Jadi, untuk memilih maskapai yang digunakan, tergantung dari harga dan juga ketersediaan menuju Lombok. Bisa menggunakan Batik Air, Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air dan Air Asia. Biar murah, bisa memanfaatkan promo-promo dari penyedia tiket online di Indonesia.

Setelah sampai di Bandara, apabila tujuan utama ingin ke Sirkuit Mandalika, maka bisa menggunakan kendaraan umum seperti DAMRI. Untuk harga, hanya sekitar Rp15.000,- sampai Rp20.000,- saja.

Selain menggunakan DAMRI, bisa juga menggunakan mobil ojek juga sehingga lebih mudah aksesnya ingin langsung ke wilayah tertentu.

2. Jalur Laut

Nah, pilihan kedua yang menjadi alternatif bagi wisatawan adalah menggunakan jalur laut menuju ke Mandalika. Jalur laut ini sangat disarankan untuk wisatawan yang ingin merasakan perjalanan yang memiliki pengalaman berbeda, menikmati alam laut lepas yang luas dan juga mencoba berbeda dari yang lain.

Untuk akses menuju kesana, Kamu bisa memilih lokasi yang terdekat dari Lombok, yaitu melalui Bali. Nanti, Kamu perlu naik kapal dahulu dari Pelabuhan Tanjung Benoa dan dilanjutkan menuju ke Lembar, kemudian baru menuju ke Pelabuhan Bima, NTB. 

Apabila dari Surabaya, malah lebih enak lagi. Perjalanan lautnya bisa juga melalui Pelabuhan Tanjung Perak-Surabaya. Rute perjalanan dengan kapal ini adalah Surabaya-Lembar-Waingapu selain itu untuk yang dekat dengan Banyuwangi, bisa juga melalui Pelabuhan Tanjung Wangi dari Banyuwangi.

Sesampainya di sana, banyak pilihan juga untuk sampai ke Destinasi yang ada di Mandalika ataupun pusat Kota Lombok. Bisa menggunakan DAMRI sebagai kendaraan umum yang disediakan oleh pemerintah Lombok ataupun menggunakan ojek online yang menjemput kita.

3. Jalur Darat

Alternatif yang ketiga, yaitu dari awal menggunakan kendaraan pribadi dan ingin sampai ke Mandalika supaya tidak meminjam kendaraan disana. Jalur untuk jalur darat ini sebenarnya sama dengan jalur laut seperti yang sudah dijelaskan. Bedanya adalah ketika sudah sampai di Lombok, kita tidak perlu bingung ingin menggunakan kendaraan apa sebab sudah menggunakan kendaraan pribadi.

Nah, nantinya dari Pelabuhan, Kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan darat menuju ke area Sirkuit Mandalika menggunakan kendaraan pribadi.

Kendaraan di Mandalika

Setelah membahas transportasi Menuju ke Mandalika, terus transportasi dari Mandalika yang mendukung ke berbagai tempat wisata kira-kira apa saja ya? Banyak ternyata yang sudah disediakan sebab tujuan utama kota ini memang untuk destinasi wisata. Jadi, jangan takut jika tidak ada kendaraan umum untuk berlibur di sana.

A. Bus Damri

Bus Damri ini memang sudah disediakan oleh Pemerintah setempat yang tujuannya untuk memudahkan para wisatawan untuk mengakses lokasi-lokasi wisata yang ada di Lombok secara umum. Untuk trayeknya pun juga sudah banyak sekali. Berikut rincian yang bisa Kami berikan saat penulisan artikel ini.

1. Bandara Internasional Lombok-Bangsal

Untuk tujuan Bandara Lombok menuju Bangsa, tarif untuk sampai kesana, yaitu sebesar Rp20.000.

Supaya tidak telat menunggu DAMRI, ada jadwal khusus sampai di Bandara, yaitu pada jam berikut ini: Pukul 10.00 WITA, 12.00 WITA, 14.00 WITA, 15.00 WITA. Dan sebaliknya, keberangkatan dari Bangsal menuju ke Bandara tersedia pada pukul 07.00 WITA, 08.00 WITA, 09.00 WITA, 10.00 WITA. Perhatikan jadwal ini supaya tidak terlalu sore ketika ingin berlibur juga ya sebab jam yang tersedia hanya ada pada pagi sampai sore saja.

2. Pelabuhan Lembar-Sirkuit Mandalika

Jalur kedua DAMRI, yaitu dari pelabuhan Lembar langsung menuju ke Sirkuit Mandalika. Untuk tarif, hanya ditarik sebesar Rp25.000 saja.

Bus Damri ini berangkat dari Pelabuhan Lembar pada pukul 08.00 WITA dan 09.00 WITA saja dan sebaliknya dari Sirkuit Mandalika menuju ke Pelabuhan Lembar hanya pada pukul 13.00 WITA dan 14.00 WITA. Jangan sampai salah lihat jam, supaya tidak ketinggalan Bus Damri ini.

3. Pelabuhan Bangsal-Geopark Rinjani

Rute yang ketiga, yaitu dari Pelabuhan Bangsal menuju geopark Rinjani. Tarifnya sebesar Rp 20.000. Keberangkatan dari Pelabuhan Bangsal maupun Geopark Rinjani yaitu pukul 08.00 WITA, 10.00 WITA, 12.00 WITA, 14.00 WITA, dan 16.00 WITA. Sangat lengkap dari pagi sampai sore hari.

4. Terminal Lombok Kahyangan-Mandalika

Terakhir, rute dari terminal Lombok Kahyangan menuju ke Mandalika. Untuk keberangkatan dari terminal, yaitu pukul pukul 07.00 WITA, 08.00 WITA, 13.00 WITA, dan 14.00 WITA. dan sebaliknya dari Mandalika pukul 10.00 WITA, 11.00 WITA, 16.00 WITA, dan 17.00 WITA.

Untuk tarif, hanya mengeluarkan uang tarif sebesar Rp15.000 saja.

B. Sewa Mobil

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jasa sewa mobil yang sekalian sopir. Artinya, kita akan dijemput oleh penyedia jasa carter mobil. Selain mudah, untuk waktu juga lebih fleksibel daripada Bus Damri yang ada waktu tertentu saja. Untuk tujuan juga lebih mudah untuk berkeliling wisata.

C. Sewa Motor

Selain sewa mobil, kita juga bisa melakukan sewa motor ya. Namun, biasanya untuk sewa motor ini kita harus datang langsung ke lokasi penyewaan motor yang ada di dekat pelabuhan atau bandara. Jadi, lebih baik untuk benar-benar sampai dulu di kota mataram menggunakan ojek online baru menyiapkan untuk sewa motor.

Nah, itulah penjelasan singkat yang semoga saja bisa membantu untuk liburan di Mandalika lebih lama dan lebih nikmat dengan keamanan transportasi yang terjamin.

Artikel Terkait:

Ide dan Tips Backpacker ke Mandalika

Ide Tempat Wisata Sekitar Mandalika

6 Tips Liburan Hemat di Mandalika

12 Rekomendasi Kuliner Lombok Mandalika yang Harus Dicoba

Rekomendasi Hotel di Mandalika Lombok

Facebook
WhatsApp
Email