Berbagai Alasan Kenapa Harus Berwisata ke Lombok, Nggak Perlu Ragu!

alasan kenapa harus berwisata ke lombok

Lombok yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat banyak menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Bali membuat wisatawan biasanya melanjutkan wisata ke Lombok setelah dari Bali maupun sebaliknya.

Ada berbagai destinasi wisata yang terkenal di Lombok, beberapa di antaranya adalah tiga gili dan Pantai Pink. Namun selain kedua destinasi wisata tersebut, masih banyak destinasi wisata lainnya di Lombok.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa harus berwisata ke Lombok. Agar semakin yakin dan tidak lagi ragu untuk liburan ke Lombok, ketahui tujuh alasan kenapa harus berwisata ke Lombok.

8 Alasan Kenapa Harus Berwisata ke Lombok

Berikut ini adalah tujuh alasan kenapa harus berwisata ke Lombok:

1. Wisata Alamnya yang Indah

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki bentang alam yang indah, tidak terkecuali dengan alam di Lombok. Bagi kamu yang menyukai berwisata secara outdoor atau menjelajahi alam, maka Lombok jadi pilihan yang tepat.

Ada berbagai objek wisata di Lombok yang menyediakan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Kamu bisa mengunjungi destinasi wisata berupa taman nasional di Taman Nasional Gunung Rinjani, berbagai air terjun, pantai yang indah, hingga menikmati sunset di atas bukit.

2. Laut yang Kaya Keanekaragaman Fauna

Laut Lombok memiliki keindahan dan keanekaragaman biota laut yang kaya. Hal ini tentu menjadi jawaban bagi para wisatawan kenapa harus berwisata ke Lombok, terutama yang memiliki hobi menyelam maupun snorkeling.

Salah satu dari tiga gili, yaitu Gili Trawangan memiliki alam bawah laut yang terkenal indah. Bahkan Gili Trawangan sering menjadi destinasi utama yang dikunjungi untuk melakukan snorkeling.

Alam laut Lombok memang terkenal dengan keindahan terumbu karang dan ikan-ikan tropis yang cantik dan beraneka ragam jenisnya.

3. Pantai yang Beragam dan Unik

Lombok juga memiliki berbagai pantai yang beragam dan unik yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Berbagai pantai yang ada di Lombok memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Misalnya saja Pantai Tanjung Aan yang memiliki dua jenis pasir yang berbeda di beberapa sisi pantainya. Selain itu, ada juga pantai yang terkenal karena warna pasirnya, yaitu Pantai Pink.

Sesuai dengan namanya, Pantai Pink memiliki pasir yang berwarna pink atau merah muda. Hal ini disebabkan karena pasir pantai yang berwarna putih bercampur dengan serpihan karang merah yang sudah mati.

Pilihan pantai yang beragam di Lombok membuat wisatawan bisa memilih jenis pantai yang diinginkan. Sebab ada pantai yang ramai oleh pengunjung, sepi pengunjung, hingga berbagai pemandangan yang beragam.

4. Tidak Terlalu Ramai dan Padat

Dibandingkan dengan Bali, Lombok lebih tidak ramai dan tidak sepadat di Bali. Hal ini tentu cocok untuk wisatawan yang ingin berlibur di tempat yang tenang, namun tetap menikmati suasana alam yang asri.

Selain tidak terlalu ramai dan padat, beberapa tempat di Lombok bisa dikatakan minim polusi kendaraan, seperti di Gili Trawangan. Alasannya adalah karena di Gili Trawangan tidak diperbolehkan memakai kendaraan bermotor dan hanya diperbolehkan menggunakan sepeda atau andong saja.

Selain membuat lingkungan sekitar jadi bebas polusi, hal ini tentu juga membuat kita lebih sehat saat liburan, bukan?

5. Memiliki Kekayaan Budaya yang Menarik

Tidak hanya alamnya saja yang indah dan kaya, Lombok juga memiliki berbagai kekayaan budaya yang menarik untuk dilihat dan dipelajari. Jika ingin melihat kebudayaan Suku Sasak yang masih kental, kamu bisa berkunjung ke Desa Sade.

Desa Sade sudah terkenal di dunia sebagai desa para pengrajin tenun ikat dan songket Lombok. Di Desa Sade pengunjung bisa melihat kehidupan Suku Sasak sehari-hari dan kegiatan menenun yang masih dilakukan secara manual.

Lombok juga memiliki tradisi upacara dan perayaan yang masih dilaksanakan sampai sekarang. Contohnya adalah pawai Ogoh-Ogoh dan upacara Bau Nyale yang diadakan pada waktu tertentu.

Maka dari itu, wisatawan yang ingin melihat upacara tersebut harus teliti mencari informasi kapan upacara dan perayaan tersebut dilaksanakan di Lombok.

6. Kulinernya Beragam

Sama seperti wilayah lainnya di Indonesia, Lombok juga memiliki jenis kuliner yang beragam dan tentunya nikmat. Ya, menikmati makanan khas daerah menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh wisatawan saat berlibur ke suatu daerah.

Kamu tentu sudah tidak asing dengan ayam taliwang, nasi balap puyung, atau plecing kangkong, bukan? Ketiga makanan tersebut merupakan beberapa contoh makanan khas dari Lombok yang jadi alasan kenapa harus berwisata ke Lombok.

Bahkan ayam taliwang menjadi salah satu makanan khas Lombok yang sudah terkenal sampai ke berbagai penjuru Indonesia. Makanan khas Lombok lainnya yang bisa kamu coba jika berlibur ke Lombok adalah satu bulayak, sayur ares, serta sambal beberuk terung.

7. Tersedia Berbagai Pilihan Hotel

Wisatawan yang ingin berlibur ke Lombok tidak perlu khawatir dengan penginapan yang ada di Lombok. Sebab ada berbagai pilihan hotel serta penginapan lainnya di Lombok.

Mulai dari penginapan dengan konsep alam hingga hotel mewah tersedia di Lombok yang ada di berbagai wilayah Pulau Lombok. Pemilihan jenis hotel dan penginapan ini bisa kamu sesuaikan dengan suasana dan pengalaman yang ingin didapatkan selama di Lombok.

Pastikan kamu memilih dan mencari informasi mengenai hotel serta penginapan dengan cermat. Kalau perlu, kamu bisa menghubungi pihak hotel secara langsung untuk bertanya tentang penginapan yang diinginkan.

8. Tidak Perlu Biaya Mahal

Bagi kamu yang ingin berlibur namun ingin liburan murah, Lombok bisa menjadi tujuan wisatamu. Liburan ke Lombok bisa dilakukan dengan budget atau biaya yang terbilang terjangkau.

Tersedianya berbagai pilihan penginapan membuat wisatawan bisa memilih penginapan sesuai dengan budget yang dimiliki. Selain itu, tempat wisata alam dengan biaya masuk yang murah juga bisa menjadi pilihan berwisata murah di Lombok.

Agar wisata di Lombok semakin murah, kamu bisa merencanakan perjalanan dengan baik, termasuk moda transportasi, tempat yang ingin dikunjungi, hingga rumah makan mana saja yang akan dituju.

Kamu juga bisa bertanya kepada warga lokal setempat, agar mengetahui tempat-tempat berwisata, tempat makan, hingga tempat berbelanja yang murah di Lombok.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menguasai beberapa bahasa asli di Lombok. Pengetahuan bahasa ini bisa kamu gunakan untuk menawar saat sedang berbelanja atau mengobrol dengan penduduk lokal.

Kuliner Enak di Lombok

Berlibur ke Lombok rasanya kurang jika tidak menjajal kulinernya. Salah satu kuliner di Lombok yang tidak boleh Kamu lewatkan adalah Bebek Pondok Galih. Bebek Pondok Galih sendiri merupakan salah satu kuliner legend yang ada di Lombok.

Tidak hanya menawarkan kelezatan kuliner, Bebek Pondok Galih juga menawarkan suasana restoran yang sejuk dan nyaman. Kamu bisa merasakan sepoy-sepoy angin Lombok karena restoran Bebek Pondok Galih berada di pinggiran sawah.

Kamu juga bisa mengabadikan momen-momen seru di Bebek Pondok Galih. Banyak spot yang bagus dan cocok untuk selfie. Jadi, jangan sampai melewatkan kuliner legend yang satu ini ya!

Artikel Terkait:

Rekomendasi Kuliner di Lombok yang Harus Kamu Coba

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok yang Sebaiknya Kamu Beli

7 Destinasi Wisata di Sembalun Lombok, Rugi untuk Dilewatkan

15 Rekomendasi Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Facebook
WhatsApp
Email