Cara Hilangkan Bau Amis Daging Bebek Ini Mudah Dilakukan di Rumah

cara hilangkah bau amis daging bebek

Banyak yang menyukai makanan dari daging bebek. Apakah kamu salah satunya? Meski nikmat, sayangnya tidak semua orang bisa mengolah daging bebek dengan tepat. Akibatnya, olahan daging bebek akan berbau amis.

Daging bebek memang tidak hanya dikenal dengan teksturnya yang cukup alot, tapi juga aroma alaminya yang cukup amis. Maka dari itu, perlu cara tepat untuk menghilangkan bau amisnya.

Bagi kamu yang ingin memasak olahan bebek sendiri di rumah, enam cara hilangkan bau amis pada daging bebek ini bisa dilakukan dengan mudah. Selain mudah, bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis ini juga hampir selalu ada di rumah dan mudah didapatkan.

6 Cara Hilangkan Bau Amis pada Daging Bebek

Perhatikan enam cara hilangkan bau amis pada daging bebek berikut ini:

1. Lumuri Air Jeruk Nipis

Cara hilangkan bau amis pada daging bebek yang umum dilakukan adalah dengan melumurinya menggunakan air perasan jeruk nipis. Cara ini bisa kamu lakukan setelah mencuci daging bebek sampai bersih.

Sifat asam dari jeruk nipis akan membunuh bakteri penyebab bau pada daging bebek. Selain itu, daging bebek juga akan membuat daging bebek jadi lebih empuk dan tidak alot.

Namun pastikan hanya lumuri daging bebek selama maksimal 30 menit saja, kemudian cuci dan bilas daging bebek di air mengalir. Daging bebek yang direndam menggunakan air jeruk nipis akan lebih mudah hancur.

Terlebih daging bebek biasanya dimasak dalam waktu yang lama. Hal ini akan semakin membuat daging bebek mudah hancur.

2. Gunakan Rempah-Rempah

Selain melumuri daging bebek dengan air perasan jeruk nipis, rempah-rempah juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek. Rempah-rempah yang bisa digunakan yaitu daun jeruk, daun salam, serta serai.

Campurkan rempah-rempah tadi dan rebus dengan daging bebek selama kurang lebih satu jam menggunakan api sedang. Jika ingin mendapatkan daging bebek yang empuk, maka kamu bisa merebus daging bebek menggunakan rempah-rempah selama tiga jam.

Rempah-rempah tadi akan mengeluarkan aroma yang harum, sehingga membuat bau amis pada daging bebek jadi berkurang. Selain itu, proses perebusan yang lama juga akan membuat bagian dalam daging bebek tidak amis lagi.

3. Rebus dengan Air Garam dan Rempah

Jika ingin cita rasa daging bebek yang lebih gurih namun bau amisnya hilang, maka kamu bisa menambahkan garam pada proses perebusan menggunakan rempah-rempah.

Setelah daging bebek selesai direbus dengan menggunakan garam dan rempah-rempah, selanjutnya daging bebek bisa dimasak atau diungkep dengan menggunakan bumbu yang diinginkan.

Mengapa tidak langsung merebus bebek dengan bumbu-bumbu sesuai hidangan yang diinginkan? Jika merebus daging bebek langsung dengan bumbu olahan, maka bau amis daging bebek masih akan terasa.

Proses perebusan daging bebek dengan garam dan rempah akan menghilangkan bau amis pada bebek, namun daging bebek akan terasa gurih. Selain itu, air rebusan yang diganti juga akan membantu untuk menghilangkan bau amis dari proses perebusan yang pertama.

4. Gunakan Daun Pepaya

Cara hilangkan bau amis pada daging bebek yang berikutnya adalah dengan menggunakan daun pepaya. Ternyata, daun pepaya mengandung enzim tertentu yang bisa membantu menghilangkan bau amis daging bebek.

Untuk menghilangkan bau amis daging bebek dengan daun papaya ini sangat mudah. Pertama, campurkan daun pepaya dengan air bersih. Kemudian, gunakan campuran air dan daun pepaya ini untuk mencuci daging bebek. Kamu juga bisa menggosok perlahan daging bebek dengan daun papaya tadi.

Terakhir, bilas daging bebek yang sudah dicuci dengan air dan daun papaya tadi dengan air bersih yang mengalir. Selain mengilangkan bau amis daging bebek, cara ini juga bisa membantu melunakkan daging bebek agar tidak keras dan alot.

Selain mencucinya dengan daun pepaya, kamu juga bisa membungkus daging bebek dengan daun pepaya. Daging bebek yang sudah dibungkus daun pepaya tadi kemudian disimpan di kulkas selama kurang lebih satu jam.

Daun pepaya yang digunakan untuk membungkus daging bebek ini akan menyerap bau amis pada daging bebek. Setelah satu jam, buka bungkusan daun pepaya tadi dan cuci bersih daging bebek di bawah air mengalir, lalu masak daging bebek.

5. Pisahkan Jeroan dan Brutu Bebek

Ketika akan memasak atau mengolah daging bebek, pastikan kamu sudah memisahkan jeroan dan brutu bebek dari daging bebek sebelum mencuci dan memasaknya.

Kedua bagian bebek ini ternyata menjadi salah satu penyebab daging bebek berbau amis. Hal ini disebabkan karena jeroan dan brutu atau pantat bebek mengandung lemak yang membuat daging bebek berbau amis.

Setelah memisahkan jeroan dan brutu bebek, kemudian kamu bisa mencuci daging bebek menggunakan air mengalir, untuk membersihkan daging bebek dari sisa-sisa lemak yang masih menempel.

6. Pakai Buah Nanas

Buah nanas tidak hanya segar dimakan, tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek yang akan kamu masak di rumah.

Untuk menghilangkan bau amis daging bebek menggunakan nanas, caranya cukup parut buat nanas. Parutan buah nanas ini kemudian dibalurkan ke daging bebek yang sudah dibersihkan.

Setelah 30 menit, cuci bersih daging bebek sampai tidak ada lagi sisa parutan buah nanas pada daging bebek. Sama seperti marinasi daging bebek menggunakan jeruk nipis, marinasi menggunakan nanas sebaiknya tidak dilakukan untuk waktu yang lama.

Sebab, nanas punya sifat bisa melunakkan daging. Sehingga kalau daging bebek terlalu lama dimarinasi dengan nanas, maka daging bebek akan mudah hancur ketika dimasak nantinya.

Marinasi daging bebek selama 30 menit menggunakan nanas akan membuat bau amis daging bebek hilang dan daging bebek akan menjadi lebih empuk.

7. Panggang Menggantung

Cara lain yang bisa dilakukan untuk hilangkan bau amis pada daging bebek adalah dengan memanggang daging bebek secara menggantung. Hal ini mungkin cukup sulit dilakukan, namun car aini ampuh hilangkan bau amis daging bebek.

Letakkan bebek pada posisi menggantung dengan bagian kepala di atas dan bagian pantatnya lebih dekat dengan api yang ada di bawah.

Menggantung bebek pada proses pemanggangan ini akan membuat lemak-lemak pada daging bebek akan turun, terutama di bagian brutu bebek. Sebab lemak-lemak pada daging bebek inilah yang menyebabkan bebek berbau amis, terutama lemak yang ada di bagian brutu bebek.

Hasilnya, bebek tidak akan berbau amis lagi setelah proses pemanggangan selesai dilakukan.

Bebek Goreng Pondok Galih Paling Lezat

Bebek Pondok Galih memiliki menu spesial yaitu olahan bebek. Kamu bisa merasakan berbagai kelezatan olahan bebek, mulai dari bebek goreng hingga bebek bakar. Bebek olahan Pondok Galih terkenal empuk dan legit.

Selain itu, Bebek Pondok Galih juga melakukan standarisasi olahan dengan sangat baik. Sehingga, bebek yang disajikan kepada pelanggan sangat maksimal dan sudah tidak ada lagi bau amis. Sambil makan bebek goreng, Kamu juga bisa merasakan pedasnya sambal korek yang terkenal di NTB.

Ribuan orang sudah mencoba kelezatan bebek di Bebek Pondok Galih. Kamu kapan?

Artikel Terkait:

Tipe-Tipe Restoran Keluarga yang Harus Kamu Kunjungi

15 Tips Mengisi Waktu Luang Bersama Keluarga

12 Ide Kegiatan Mengisi Waktu Luang Anak

Facebook
WhatsApp
Email