8 Rekomendasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi saat Berlibur

rekomendasi wisata lombok

Indonesia dengan kekayaan alamnya memiliki berbagai destinasi wisata menarik di setiap pulaunya. Salah satunya adalah Lombok. Apakah kamu sudah pernah berlibur ke Lombok?

Pulau Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini terkenal dengan alamnya yang indah, sehingga menjadi tujuan wisata bagi turis, mulai dari domestik hingga mancanegara.

Bagi kamu yang baru pertama kali ingin pergi berlibur ke Lombok, tidak perlu lagi bingung memilih tempat wisata yang akan didatangi. Simak rekomendasi wisata Lombok berikut ini!

Daftar Rekomendasi Wisata Lombok, Tidak Hanya Pantai

Berikut ini adalah daftar rekomendasi wisata Lombok yang bisa dikunjungi:

1. Taman Nasional Gunung Rinjani

Kalau kamu adalah orang yang suka berkunjung ke tempat wisata yang berhubungan dengan alam dan hewan, maka Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) adalah pilihan yang tepat.

TNGR yang ditetapkan sebagai taman nasional sejak tahun 1990 ini memiliki keragaman flora dan fauna yang tinggi. Pada awalnya, TNGR merupakan tempat penelitian, namun kini dapat dikunjungi sebagai tempat wisata alam dan pendidikan.

Berkunjung ke TNGR tidak berarti kita hanya dapat melihat kekayaan flora dan faunanya saja. Sebab ada berbagai lokasi menarik yang bisa dikunjungi dan kita bisa melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya adalah mendaki Gunung Rinjani.

2. Danau Segara Anak

Sebelumnya, sudah dituliskan bahwa wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Gunung Rinjani juga bisa menikmati berbagai tempat menarik lainnya di dalam kawasan taman nasional ini.

Salah satu rekomendasi wisata yang bisa dikunjungi di TNGR adalah Danau Segara Anak. Danau Segara Anak memiliki pemandangan yang indah dan terletak pada ketinggian 2.010 meter di atas permukaan laut.

Danau Segara Anak juga memiliki air yang jernih dan kebiruan dengan suhu hangat yang berbeda-beda di setiap titiknya. Keindahan lain dari danau ini adalah karena adanya dinding kaldera berwarna-warni di sekelilingnya dan sebuah gunung bernama Gunung Baru di tengah Danau Segara Anak.

3. Pantai Pink

Jika ingin berwisata ke pantai, maka Pantai Pink adalah salah satu rekomendasi wisata Lombok yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Sesuai namanya, Pantai Pink memiliki pasir yang berwarna pink atau merah muda.

Bagi wisatawan yang ingin bermain ke pantai dengan membawa keluarga dan anak-anak, maka Pantai Pink adalah pilihan yang tepat. Sebab ombak di Pantai Pink tidak terlalu besar dan tinggi, sehingga anak-anak bisa bermain dengan nyaman.

Pantai Pink juga cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan yang mencari ketenangan, karena Pantai Pink terletak di daerah yang cukup sulit dijangkau, sehingga tidak terlalu ramai dan keindahannya masih terjaga.

Namun belum banyak pedagang makanan dan minuman, serta penginapan di sini. Sehingga pengunjung sebaiknya membawa makanan dan minuman ke Pantai Pink.

4. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Tiga pulau kecil yang ada di Lombok, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Ketiga pulau kecil ini terkenal karena keindahannya dengan air laut yang jernih, pasir putih, serta udaranya yang masih segar.

Meski berdekatan, namun Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air menawarkan keindahan wisata yang berbeda-beda. Seperti contohnya, bagi kamu yang ingin menikmati pesta menyambut tahun baru dengan melihat pesta kembang api, maka Gili Trawangan adalah pilihan yang tepat.

Sedangkan kalau kamu ingin suasana yang tenang dan sunyi, maka Gili Meno adalah pilihan yang tepat. Terakhir, Gili Air bisa dipilih oleh kamu yang ingin menikmati berwisata ke taman air alami.

5. Gili Kedis

Selain tiga gili yang terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, berwisata ke Gili Kedis bisa menjadi rekomendasi wisata Lombok yang juga menarik.

Gili Kedis memiliki keindahan berupa airnya yang jernih, pasirnya yang putih bersih, serta adanya hamparan karang yang ramai oleh berbagai hewan kecil. Inilah sebabnya, Gili Kedis menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk melakukan snorkeling.

Berwisata ke Gili Kedis juga menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang menginginkan tempat wisata yang indah namun tenang. Sebab Gili Kedis masih belum banyak terjamah oleh para wisatawan.

Wisatawan yang berkunjung ke Gili Kedis tidak hanya bisa melakukan snorkeling, namun juga bisa mendirikan tenda dan berkemah di Gili Kedis. Pastikan untuk membawa bekal yang cukup saat berkemah di Gili Kedis, karena pulau ini merupakan pulau tidak berpenghuni.

6. Mandalika

Nama kawasan Mandalika di Lombok sempat banyak disebut-sebut saat menjadi tempat gelaran MotoGP. Ternyata, Mandalika tidak hanya terkenal karena menjadi tempat diadakannya MotoGp saja, sebab Mandalika juga dapat menjadi rekomendasi wisata Lombok yang menarik.

Mandalika yang terletak di Lombok Tengah ini memiliki berbagai tempat wisata yang menarik bagi para wisatawan. Bahkan Mandalika masuk dalam daftar Destinasi Super Prioritas Indonesia.

Wisatawan yang berlibur ke Mandalika bisa menikmati destinasi wisata mulai dari pantai, desa wisata, hingga perbukitan yang bisa menjadi tempat untuk menikmati pemandangan sekitar yang indah.

Salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat berada di Mandalika adalah Pantai Seger. Di pantai ini, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

Tidak hanya wisata pantai, wisatawan juga bisa berkunjung ke Desa Sade yang bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara. Desa Sade adalah desa pengrajin tenun ikat serta songket Lombok.

7. Pantai Tanjung Aan

Bagi wisatawan yang sedang berada di Mandalika dan ingin berwisata ke pantai, maka Pantai Tanjung Aan bisa menjadi rekomendasi wisata Lombok lainnya. Pantai Tanjung Aan tidak hanya terkenal karena keindahannya, tapi juga karena keunikannya.

Keunikan Pantai Tanjung Aan ini adalah pada tekstur pasir yang ada di pantai ini. Diketahui bahwa Pantai Tanjung Aan memiliki dua jenis tekstur pasir pantai yang berbeda.

Jenis pasir yang pertama adalah pasir dengan butiran yang halus, bahkan seperti tepung. Sedangkan jenis pasir kedua yang terletak di bagian kiri pantai memiliki butiran yang lebih besar seperti merica.

8. Aik Nyet Sesaot

Rekomendasi wisata Lombok lainnya yang juga wajib dikunjungi adalah Aik Nyet Sesaot yang berada di Lombok Barat. Aik Nyet Sesaot yang merupakan wisata sumber mata air ini berada di tengah hutan Sesaot.

Masyarakat Lombok mengatakan bahwa Sungai Aik Nyet Sesaot ini merupakan tempat air suci. Sebab air yang memenuhi Sungai Aik Nyet Sesaot ini berasal dari Gunung Rinjani yang dipercaya merupakan ‘rumah’ para dewa.

Nama Aik Nyet Sesaot ini diambil dari bahasa Sasak, yaitu aik yang berarti air dan nyet yang berarti dingin. Hal ini sesuai dengan air Sungai Aik Nyet Sesaot yang memang dingin.

Aliran air sungai yang tenang dan aman membuat banyak wisatawan berenang di Sungai Aik Nyet Sesaot ini sambil menikmati suasana sekitar yang masih asri dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Kuliner Enak di Lombok

Berlibur ke Lombok rasanya kurang jika tidak menjajal kulinernya. Salah satu kuliner di Lombok yang tidak boleh Kamu lewatkan adalah Bebek Pondok Galih. Bebek Pondok Galih sendiri merupakan salah satu kuliner legend yang ada di Lombok.

Tidak hanya menawarkan kelezatan kuliner, Bebek Pondok Galih juga menawarkan suasana restoran yang sejuk dan nyaman. Kamu bisa merasakan sepoy-sepoy angin Lombok karena restoran Bebek Pondok Galih berada di pinggiran sawah.

Kamu juga bisa mengabadikan momen-momen seru di Bebek Pondok Galih. Banyak spot yang bagus dan cocok untuk selfie. Jadi, jangan sampai melewatkan kuliner legend yang satu ini ya!

Artikel Terkait:

Rekomendasi Kuliner di Lombok yang Harus Kamu Coba

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok yang Sebaiknya Kamu Beli

7 Destinasi Wisata di Sembalun Lombok, Rugi untuk Dilewatkan

15 Rekomendasi Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Facebook
WhatsApp
Email